Mengunjungi Saung Angklung Udjo di Bandung

Pertunjukan angklung di Saung Angklung Udjo memang keren. Kami bersyukur bisa menikmatinya saat pergi ke Bandung dalam rangkaian acara penobatan Perempuan Inspiratif Nova 2013 untuk Lala yang menjadi pemenang kategori Perempuan dan Teknologi.

Kami sampai di Saung Angklung Udjo (SAU) pukul 12.30. Pertunjukan angklung di Saung Angklung Udjo diselenggarakan setiap hari pukul 15.30 hingga 17.30. Tapi karena pada saat kami datang ada rombongan siswa SMP Minggir Sleman yang berjumlah sekitar 300 orang, jadilah ada pertunjukan tambahan yang khusus diadakan pada pukul 13.00.

Beruntunglah kami karena ada rombongan dharmawisata anak-anak itu. Kalau tidak, kami harus menunggu hingga 2 jam untuk dapat menyaksikan pertunjukan.

saung angklung udjo
Lokasi Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo terletak di Jl. Padasuka 118 Bandung. Bagi pengunjung dari Jakarta tinggal keluar dari pintu tol Pasteur, kemudian berkendara lurus melintasi fly over, melintasi jalan Surapati, jalan Ph. Hasan Mustapa. Di ujung jalan Padasuka, ada papan Saung Angklung Udjo yang menjadi penanda belokan ke jalan Padasuka. Sekitar 200 meter terdapatlah Saung Angklung Udjo di sebelah kanan jalan yang ditandai dengan pepohonan bambu.

Dari jalan, Saung Angklung Udjo terlihat biasa saja. Tapi setelah masuk ke dalam, ternyata tempatnya sangat luas, dengan area parkir untuk rombongan bus dan mobil yang lapang.

Di Saung Angklung Udjo, ada beberapa area bangunan dengan arsitektur etnik Sunda dan pepohonan bambu yang rimbun. Ada resto, toko suvenir, dan tempat pertunjukan berbentuk amphitheatre yang dapat menampung lebih dari 1000 pengunjung.

Tempat pertunjukan di Saung Angklung Udjo ini menurutku keren. Bentuknya sederhana, tapi cantik, etnik, dan eksotik.

HelaranUdjo-a
Pertunjukan di Saung Angklung Udjo

Nah, yang paling dinanti-nanti adalah pertunjukan di Saung Angklung Udjo. Aku membayangkan akan menonton sebuah pertunjukan angklung. Ternyata yang aku dapatkan jauh lebih keren dari itu! Pertunjukan yang berlangsung dua jam berlangsung dengan cair, tak membosankan, bahkan menghibur dan menyenangkan.

Menjelang pertunjukan, kami mendapatkan “welcome drink” berupa es potong. O ya, untuk menonton pertunjukan di Saung Angklung Udjo biayanya Rp 60 ribu/orang. Untuk anak di bawah 12 tahun Rp 40 ribu/orang.

Demonstrasi Wayang Golek

Setelah pembukaan, pertunjukan diawali dengan demonstrasi wayang golek (boneka kayu khas Sunda). Pertunjukan ini dinamakan demonstrasi karena hanya berlangsung 15 menit, jauh lebih singkat dari pertunjukan wayang golek lengkap yang membutuhkan waktu lebih dari 7 jam.

Walaupun disajikan dengan bahasa Sunda, demonstrasi wayang golek ini dipenuhi dengan gelak tawa walaupun penonton tak sepenuhnya memahami ucapan sang dalang. Pemilihan bagian yang lucu membuat penonton bisa menikmati dan tertawa bersama.

Helaran

Bagian kedua dari pertunjukan di Saung Angklung Udjo adalah helaran. Serombongan anak-anak menari riang gembira sambil memainkan angklung. Di tengah anak-anak yang menari, ada seorang anak kecil yang naik di atas tandu, seperti anak yang baru saja disunat.

Salah satu fungsi helaran memang sebagai hiburan untuk anak-anak yang baru selesai disunat dan kemudian diarak keliling desa sambil dihibur.

Tari Topeng Cirebon

Usai helaran, pertunjukan yang selanjutnya adalah tari topeng dari Cirebon. Mengenakan baju merah cerah, tiga gadis menari dengan indah.

Tari topeng yang dipertunjukkan di Saung Angklung Udjo merupakan cuplikan dari pola-pola tarian klasik Topeng Kandaga. Tarian ini terdiri dua babak, yang pertama tanpa topeng mengisahkan Layang Kumintir, pembawa berita untuk Ratu Kencana Wungu yang sedang menyelidiki keadaan Kerajaan Blambangan. Babak kedua (memakai topeng), Layang Kumintir menyamar menjadi seorang pri gagah perkasa untuk melawan Prabu Menakjinga.

Calung & Arumba

Calung, instrumen musik bambu yang dimainkan dengan cara dipukul menjadi sesi pertunjukan selanjutnya.

Pertunjukan Calung kemudian dilanjutkan dengan Arumba, alat musik tradisional yang terbuat dari bambu dan bertangga nada diatonis. Arumba yang diciptakan pada tahun 1970-an memiliki kepanjangan A=alunan, Rum=Rumpun Ba=Bambu

Angklung Mini, Angklung Pa Daeng, Angklung Orkestra, Angklung Jaipong

Selanjutnya, mulailah sesi pertunjukan angklung yang melibatkan berbagai jenis angklung, beragam lagu, serta aneka bentuk pertunjukan. Dengan angklung, beragam lagu mulai lagu anak, Kenduri Cinta, Indonesia Pusaka, You Raise Me Up, dan lain-lain.

Selain melihat dan menikmati pertunjukan angklung, satu hal yang sangat keren adalah bermain angklung bersama. Anak-anak dari Saung Angklung Udjo membagikan angklung kepada para penonton, kemudian pembawa acara mengajak penonton memainkan angklung bersama dengan panduan isyarat tangan.

Menari Bersama

Dan di akhir pertunjukan dua jam ini, para penonton diajak turun dan menari bersama.

***

Saung Angklung Udjo memang keren! Bangga memiliki pertunjukan budaya etnis yang bisa dikemas selaras dengan standar pertunjukan modern.

WayangGolekUdjo-aTariTopengUdjo-a

Yudhis - SaungAngklungUdjo

 

 

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Hiks deh..
    Sebulan lalu kami jg sempat cari2 info ttg Saung Udjo dan blm bs arrange tanggal utk kesana..
    Pengen banget kesana..
    Uda keduluan deh ama keluarga Rumah Inspirasi..
    Tapi makasih ya Om Aar ulasannya, jd kami bisa kebayang seperti apa disana..
    Semoga kami kesampaian kesana..

    • Tempat dan acaranya asyik mbak untuk keluarga. Suatu saat harus sampai ke sana. Abby kemungkinan besar suka dan menikmati 🙂

  2. hmm awesome banget dah pokoknya nih tempat…yg paling seru tu pas main angklung bareng.. jadi kangen ke bandung lagi ni.. haha

  3. Saya pasti akan ke sini tanggal 21/4/2014. Terima kasih atas ulasan yang diberikan. Kiranya jika pergi dengan teksi, bisa ya? Jika baliknya juga dengan teksi. Senang atau tidak utk dapatkan teksi nya selepas pertunjukan?

  4. minta no telp dan berapa htm jika sy bawa rombongan ?

    • No kontak Saung Udjo: +62 22 727 1714, +62 22 710 1736
      Selengkpanya bisa dilihat di sini: http://www.angklung-udjo.co.id/front/contact/

      • Saya mau tanya jam pertunjukan Angklung Mang Udjo? Jam berapa saja? Saya dan rombong sebanyak 40 org ingin sekali melihat pertunjukan Angklung Mang Udjo? Pada tanggal 19 June 2016, dapatkah rombongan saya inidiberi discount? Tolong segera di jawab yah? Terima kasih untuk saya buat acaranya.

  5. LILIS ROSIDAH SRINENTI says:

    Mau beli angklung buat anak SD tapi bingung paket yang mana yang harus dibeli

  6. Rita Ani says:

    Saya senang produk ballpoint berkarakternya(karakter wayang) kalaupsn bisa lirim?

  7. Saya juga sudah ke sana dan asyik banget
    Mau kesana lagi

Tinggalkan komentar Anda

*

Close