Rumah Inspirasi: 100 ribu pageview. What next?

Lama tak melihat statistik, ternyata pengunjung Rumah Inspirasi sudah mencapai kisaran 100 ribu pageview/bulan pada bulan Desember ini atau sekitar 3000-4000 pageview per hari. Jumlah ini sangat kecil dibandingkan situs-situs media seperti Detik atau Kompas Online. Tetapi, untuk sebuah blog pribadi, buat kami ini sudah pencapaian yang sangat lumayan.

analytics-rumahinspirasi-20131215a
Tantangan di Dalam Bertumbuh

Proses pencapaian ini sebenarnya relatif lambat. Kami mulai blogging di Rumah Inspirasi sejak tahun 2007 dan 100.000 pageview itu baru terjadi di tahun ke-5 (2013).

Statistik memang bukan segalanya. Tetapi statistik kunjungan adalah salah satu metriks bagi seorang blogger untuk mengukur pencapaian sejauh mana kegiatan bloggingnya berdampak pada sekitarnya. Jadi, bagi kami ini adalah sebuah pencapaian yang layak disyukuri dan menjadi milestone dalam perkembangan Rumah Inspirasi.

Pencapaian ini terjadi bukan dengan begitu saja. Bahkan, dalam bulan terakhir Rumah Inspirasi sempat mengalami problem di server karena pengunjung yang semakin banyak. Kondisi itu sempat memaksa kami untuk upgrade server dan kemudian menata ulang Rumah Inspirasi.

Milestone 100 ribu pageview juga menjadi semacam penanda bagi kami bahwa blogging ini bukan sekedar urusan personal. Ada semacam tanggung jawab untuk menulis hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca. Tapi pada saat bersamaan, kami tak ingin menjadikan tanggung jawab ini sebagai beban yang membuat kami kehilangan jati diri atau membuat kami takut melangkah.

Karena kehidupan ini dinamis, perubahan adalah keniscayaan. Jadi, 2014 nampaknya akan menjadi awal untuk proses beradaptasi dan mencari model dan keseimbangan baru untuk Rumah Inspirasi.

(c) Capitallife.org

(c) Capitallife.org

Mencari Model yang Tepat

Tantangan Rumah Inspirasi adalah mencari model yang tepat. Pada satu sisi, ada pembaca (audience) yang membutuhkan materi bermanfaat. Pada sisi lain, ada resource yang dikeluarkan seperti waktu, keahlian, dan dana yang harus dikeluarkan.

Saat ini kami sedang mencari model bisnis untuk Rumah Inspirasi, yang memadukan pola layanan dan pendapatan yang sesuai. Fokusnya tetap pada kenyamanan para pembaca yang menjadi stakeholder utama. Tetapi juga membuka peluang pendapatan untuk operasional dan pengembangan agar bisa semakin luas memberi manfaat.

Salah satu yang kami pelajari adalah model bisnis “social entrepreneurship”. Social entrepreneurship tidak membuat dikotomoi ekstrem antara bisnis dan sosial. Tetapi menggunakan prinsip-prinsip bisnis untuk menggerakkan sebuah “cause” sehingga bisa self-funded, bahkan memberikan keuntungan yang meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan.

Praktek mendapatkan pendapatan langsung dari blog Rumah Inspirasi yang sudah terjadi adalah melalui iklan. Bulan ini kami mendapatkan penawaran dari Unruly Media untuk terlibat dalam kampanye produk-produk Unilever dan Lifebuoy. Mudah-mudahan seiring meningkatnya pengunjung Rumah Inspirasi akan ada tawaran-tawaran dari agensi iklan lain untuk iklan-iklan produk dan perusahaan bonafid, bukan iklan “kaya dengan cara instan” atau “obat kuat” yang banyak beredar di Internet.

 

(c) purdys.com

(c) purdys.com

Dari Blog menjadi Media dan Komunitas

Evolusi yang sedang terjadi pada Rumah Inspirasi adalah pergeseran dari blog pribadi menjadi media dan komunitas.

Sebagai media berarti Rumah Inspirasi menjadi sarana berbagi informasi, pengetahuan, dan peristiwa; bukan sekedar cerita dan opini pribadi. Sebagai komunitas, berarti Rumah Inspirasi menjadi tempat berkumpul, berbagi, berkegiatan bersama dengan sebuah benang merah kesamaan minat (interest) pada homeschooling, parenting, dan keluarga.

Sebagai media dan komunitas, selain blog, “modal online” yang dimiliki Rumah Inspirasi adalah lingkaran jaringan di Twitter Rumah Inspirasi yang sudah melewati ambang 10 ribu follower dan fans page di Facebook Page Rumah Inspirasi hampir 10 ribu, dan pelanggan informasi (mail subscriber) yang terus bertumbuh.

social-media-RI

Ada beberapa rencana kegiatan yang sudah kami siapkan untuk tahun 2014. Salah satu yang segera meluncur adalah kerjasama dengan Takita.Β Selain kerjasama dengan Takita, ada beberapa kegiatan dan kerjasama yang sedang dalam proses pembicaraan.

Untuk kerjasama dengan Takita, kita akan mengadakan sebuah kampanye/lomba online berhadiah iPod! Bagaimana, tertarik? Tunggu tanggal mainnya di awal tahun 2014!

Mudah-mudahan evolusi peran Rumah Inspirasi menjadi media dan komunitas ini semakin memberikan manfaat untuk kebersamaan Anda dan Rumah Inspirasi yang telah terjalin hingga hari ini.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Wow! Selamat
    Teruji ketekunannya

  2. Ga pernah boseeeeeen mampir ke rumah inspirasi yg sangat menginspirasi. Sukses selalu rumah inspirasi….! πŸ™‚

  3. ikut bangga mas aar … D:

  4. Ikut bangga dan bersyukur Mas Aar dan mba Lala, karena saya adalah salah satu fans yg merasakan manfaatnya dari rumah inspirasi β˜…β˜…β˜…β˜…β˜…

    • Terima kasih mbak Neneng. Kami juga mendapat banyak pencerahan membaca dan mendengar cerita perkembangan putra/i mbak Neneng πŸ™‚

  5. Lina Ibune Azzam says:

    Baarokallahu fiik mas Aar dan mb Lala sekeluarga,
    teruslah menginspirasi…,

  6. Selamat ya. Sering saya menengok kemari tetapi kesulitan untuk memberikan komentar karena captcha yang suka error di komputer saya. terima kasih sudah menginspirasi.

  7. wahhh.. menginspirasi sekali, semoga website saia desainrumahanda.com bisa mengikuti jejak website mas Aar… Selamat mas atas pencapaiannya.. GBU..

  8. exellent rumah inspirasi, ibarat menanam skrg sdh waktunya panen..

    semoga beken.id bisa menyusul rumah inspirasi..

  9. wah, cukup lama juga ya untuk bisa mencapai 100.000 visitor per bulan..

Tinggalkan komentar Anda

*