Resource Belajar Digital Scrapbook

Di luar dugaan, acara “Tantangan 30 Hari Klub Oase” menuai antusiasme yang luar biasa. Lebih dari 50 peserta dari penjuru Indonesia dan berbagai negara mengikuti tantangan ini, bahkan jumlahnya terus bertambah.

Tantangannya sederhana: mengabadikan satu foto kegiatan/belajar anak selama 30 hari & mengunggahnya di Album khusus yang diberi nama “Tantangan 30 Hari – Klub Oase”. Untuk yang punya lebih dari satu foto, kumpulan fotonya bisa dikolase.

Nah, dalam proses membuat kolase ini, terjadi interaksi dan proses belajar bersama-sama tentang digital scrapbooking.

Tantangan 30 Hari Klub Oase

Apa itu Digital Scrapbooking?

Digital Scrapbooking adalah proses membuat kolase gambar dalam bentuk digital. Alih-alih menggunakan kertas/materi yang diproses, digital scrapbook memungkinkan kita untuk membuat kolase/kliping dengan cara yang lebih cepat dan murah. Mengapa scrapbooking? Supaya kolase lebih manarik.

Alat untuk Scrapbooking

Untuk membuat digital scrapbooking, kita membutuhkan sofware/aplikasi pengolah gambar, baik offline (diunduh dan diinstal di komputer) maupun online. Ada banyak sekali alternatif pengolah gambar baik yang bisa kita pakai.

Untuk pengolah gambar online pernah aku buat daftarnya di sini. Untuk pengolah gambar offline, Anda bisa mencoba Photoscape. Jika Anda kurang puas dengan Photoscape, masih banyak alternatif software sejenis yang bisa Anda lihat daftarnya di sini. 

Jika waktu Anda terbatas atau merasa tidak cukup “kreatif”, Anda tetap bisa membuat kolase dengan menggunakan aneka situs pembuat kolase instan. Salah satunya adalah Photovisi (tutorialnya pernah aku buat di sini).

Jika Anda merasa kurang cocok dengan Photovisi, Anda dapat mencoba situs-situs lain untuk membuat kolase secara online. Lihat daftarnya di sini.

***

Kembali ke masalah scrapbooking dengan menggunakan software yang diunduh.

Jika Anda memutuskan untuk membuat digital scrapbooking sendiri, ada banyak sumber materi untuk membuat latar belakang, baik gratis maupun berbayar yang bisa Anda cari di internet. Cukup googling “free digital scrapbooking”. Wah Anda akan banyak berjumpa dengan aneka harta karun. Pandai-pandailah memilih mana yang paling cocok & Anda butuhkan. Salah satu kompilasi daftar situs scrapbooking bisa Anda lihat di sini.

Aku sendiri sudah berkelana kesana-kemari mencari materi scrapbook. Dari hasil perburuanku, ada 3 situs GRATIS kesukaanku. Teman-teman bisa mulai mengunduh aneka materi scrapbook keren dari ketiga situs tersebut sebelum beranjak ke situs2 lain. Mereka adalah:

Shabby Princess

1. Shabby Princess.

Aku rasa ini situs yang memberikan freebie paling cakep, berkualitas tinggi & komplit pula. Satu set lengkap Digital Scrapbook itu biasanya terdiri dari Paper (kertas), Embellishment (hiasan), Alpha (huruf) dan Cluster/Bragbook (materi sudah berbentuk template jadi).

Pilihan materi yang ada di Shabby Princess ini luar biasa banyak. Mereka juga menyediakan tutorial cara membuat Digital Scrapbook dll. Pastikan Anda punya cukup banyak waktu untuk menjelajahi situsnya, karena isinya yang padat :)

Computer Scrap Book

2. Computer Scrapbook.

Tidak secantik Shabby Princess. Menurutku kadang kombinasi warnanya agak ajaib. Tapi situs ini menyediakan buanyaaaaaaak sekali set gratis. Tinggal pinter-pinter saja pilih mana yang diinginkan.

Just So Scrappy

3. Just So Scrappy 2

Naaah, kalau situs ini COCOK buat siapapun yang merasa kurang inspirasi, tidak punya cukup banyak waktu untuk ulak-ulik tapi kepengen punya scrapbook. Situs ini menyediakan buanyaaak sekali bragbook, atau scrapbook siap pakai. Tinggal pasang foto anak Anda langsung deh jadi. Materi-materinya lumayan banget. Yang pasti 30 hari Tantangan Klub Oase mah jadi “nggak berasa sulit” kalau pakai materi dari situs ini. Gambar yang aku buat di bawah ini, adalah salah satu contohnya.

Membuat Cupcake bersama Cha

Asik kan? :D

***

Kalau teman2 ingin melihat proses saya belajar DigiScrap silakan berkunjung ke blog: laladigiscrap.blogspot.com

Elemen penting lain dalam scrapbooking adalah FONT. Berikut 3 situs kesukaan tempatku berburu font yang keren2:


Sugar Frog Fonts

I get the cutest scrapbooking fonts at Free Scrapbook Fonts! kevinandamanda.com/fonts

Selamat berburu teman-teman. Ditunggu hasil scrapbooknya yang keren-keren yaaa :)

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. mau nyoba….*sedikit gemeter mbak…hehehe :mrgreen:

  2. Makasih mbak, jd waktuku bisa irit, kemarin aku menjelajah kemana2 sambil ngurus rumah dll, makanya scrabbooknya baru muncul. Tp yg photovisi aku dah pernah buat lho Mbak (setelah belajar tutorialnya Mbak Lala tentunya *_*) sebelum ada tantangan dr klub oase, tp begitu lihat hasil scrabbook teman2 yg keren2 jd pengen nyoba2 lg yg lain. Makasih ya Mbak. Mbak Lala membangkitkan lg semangatku ber scrabbook ria. Masih bisakah ikut tantangan 30 hari Klub Oase? Foto2nya mulai hari pertama sebetulnya sdh ada tp blm tak buat scrabbooknya.

  3. trimakasih mbak lala….seharian kemarin aku coba cari2 brdasarkn info yg kebaca di gambar2 klub Oase…untung mbak lala jd mengerti apa yg kubutuhkan….hehehehe….ntar kl slesai coba aku kirim ke mbak ya…. :razz:

  4. thank you miss lala buat info, love you full deh meskipun blom join tantangannya tapi mo coba buat heheheh :)

    • Ayo mbak, kita sama2 belajar. Untuk ikut tantangan Klub Oase tidak perlu scrapbook/kolase kok mbak. Upload foto kegiatan anak secara biasa saja setiap hari selama 30 hari juga nggak apa2 :)

  5. Menjelajah dr FBnya kakak, nemu klub oase dan akhirnya ketemu link web ini ..
    Wah senang sekali akhirnya bisa bisa nemu link2 buat belajar scrapbooking .. Lgsg donlot2 hehe jd pengen lgsg nyobain bikin :)
    makasih mba lala :)

  6. mbak, terima kasih banget sharingnya ini ya.
    aku dan anak2 pasti sangat suka :mrgreen:

  7. mbak lala makasih untuk sharingg bbrp websitenya ;)

  8. sangat bagus mba, aku juga suka scrapbook digital :)

  9. Mba Lala…makasih banyak info ttg scrapbooknya.Saya baru mau mulai blajar nih.ga ada kata telat khan…saya coba pakai photoscape.tapi mo nanya nih…kl utk foto yg miring2 gitu, pakenya apa ya mba?please…reply my comment.trims

  10. Mbak, saya udh coba klik untuk cara membuat scrapbook digital (tertera di atas) tp kok ngga bs ya ;( bagaimana cara yang gampangnya ya mbak?mgk ada website yg gampang dibukanya, plus mudah untuk mengaplikasikannya? thanks. ;-) ;-)

Trackbacks

  1. [...] temen-temen keren-keren, dan banyaknya teman yg berbagi link dan info cara membuat foto keren itu (http://rumahinspirasi.com/homeschooling/resource-belajar-digital-scrapbook), mulai tertarik deh pengen buat [...]

  2. [...] Anda ini mencobanya, saya pernah mengumpulkan resource belajar digiscrap di sini. Dan membuat tutorial sederhana membuat digiscrap menggunakan GIMP dan pengolah foto online. Anda [...]

Tinggalkan komentar Anda

*