Resolusi 2012: Produktif, Meluas, Mengalir

Menjelang akhir tahun, banyak orang melakukan refleksi perjalanan sepanjang tahun yang sudah dilaluinya. Tak lupa, refleksi itu dilanjutkan dengan resolusi untuk tahun baru, berisi harapan dan rencana di tahun baru, sering disebut dengan istilah resolusi tahun baru.

Banyak cara mengungkapkan rencana tahunan. Salah satunya adalah menggunakan 3 kata kunci yang kita pilih. Pengungkapan resolusi tahunan menggunakan 3 kata kunci bukanlah sebuah rencana; karena kalau rencana harus SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely).

Sementara itu, 3 kata kunci adalah benang merah yang menjadi spirit tahunan yang akan kita jalani. Kegiatan kita bisa bermacam-macam, tetapi kegiatan-kegiatan tersebut terangkum di dalam spirit 3 kata kunci yang kita pilih, yang akan membantu kita memfokuskan diri dan mengalokasikan sumber daya (waktu, energi, dana) yang kita miliki.

Untuk melakukannya, kita harus memeras rencana-rencana Anda menjadi 3 kata. Di sinilah tantangan terbesarnya. Memeras dan membuat prioritas memaksa kita untuk memilih apa-apa yang menurut kita paling penting atau merangkum beberapa hal menjadi satu gagasan yang meliputinya.

***

Tiga kata kunci untuk resolusi tahunan itu bisa diwujudkan dalam bahasa Inggris, Indonesia, atau bahasa apapun yang paling pas dengan kita.

Untuk tahun 2012, kami memilih: Produktif, Meluas, Mengalir.

Produktif
Satu hal yang menjadi komitmen kami di tahun 2012 adalah mengelola waktu lebih baik dan menjadi lebih produktif dalam hal apapun. Lala akan semakin menggeluti lagu anak dan karya grafis. Aku akan mencurahkan waktu lebih serius untuk menulis beragam tema yang menjadi minatku, melalui beragam media.

Meluas
Tahun 2012 akan menjadi tahun di mana kami tak hanya membaktikan diri dan berkarya di dunia homeschooling. Kami akan belajar dam mulai berkarya untuk penguatan keluarga dalam arti luas. Salah satunya adalah melalui pengembangan lagu-lagu anak, yang sudah dimulai dengan peluncuran Pelangi Nada di akhir 2011.

Mengalir
Banyak hal yang masih belum bisa kami petakan dengan jelas untuk perjalanan 2012. Hal ini membuat kami mengambil sikap terbuka dan bersiap mengalir dengan apapun yang diperjalankan Tuhan ke hadapan kami. Kami tak membuat rencana khusus. Seperti sekeping puzzle yang bersiap masuk dalam rencana-Nya.

***

Bagaimana resolusi Anda untuk tahun 2012?

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close