Referensi Homeschooling dan Sekolah Charlotte Mason

Homeschooling Charlotte MasonPernah mendengar nama Maria Montessori? Banyak diantara Anda pasti pernah mendengarnya, setidaknya dari sekolah-sekolah Montessori yang mulai banyak tersebar di Indonesia. Ya, Maria Montessori adalah seorang pemikir pendidikan yang namanya sering dilabelkan pada sekolah-sekolah yang menyelenggarakan pendidikan berdasarkan pemikirannya.

Pernah mendengar nama Charlotte Mason (CM)? Mungkin belum banyak yang mendengarnya. Padahal, Charlotte Mason yang seorang pemikir pendidikan Inggris juga memiliki filosofi dan pandangan-pandangan yang menarik tentang pendidikan. Pandangan-pandangannya telah menginspirasi sekolah-sekolah dan para praktisi homeschooling pun banyak yang menggunakan pandangannya sebagai dasar penyelenggaraan homeschoolingnya.

Nah, kalau Anda ingin tahu dan belajar tentang Charlotte Mason, Anda perlu membaca buku “Cinta yang Berfikir” karangan mbak Ellen Kristi, seorang sahabat saya, yang baru saja terbit.

Mbak Ellen Kristi, penulis buku tentang Charlotte Mason ini adalah seorang penulis yang kompeten dan kredibel tentang homeschooling, sekolah, dan Charlotte Mason. Beliau seorang dosen filsafat Undip Semarang, praktisi homeschooling, memiliki passion yang besar terhadap pemikiran-pemikiran Charlotte Mason.

Selain aktif melakukan studi tentang Charlotte Mason, mbak Ellen  aktif berbagi tentang pemikiran Charlotte Mason. Beliau mendirikan milis Ngobrolin-CM, membuat grup Charlotte Mason di Facebook dan membuat situs Pustaka Charlotte Mason Indonesia.

 

***

Pendidikan adalah Atmosfir, Disiplin dan Kehidupan

Ada tiga hal yang menurut Charlotte Mason menjadi esensi pendidikan dan parenting, yaitu atmosfir, disiplin dan kehidupan.

Pendidikan adalah atmosfir, berarti anak-anak belajar melalui hal-hal nyata di dunia nyata. Tugas orangtua (dan guru) adalah menyediakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak agar tumbuh dan berkembang potensinya.

Pendidikan adalah disiplin, berarti orangtua perlu melatihkan kebiasaan-kebiasaan baik secara terencana, teratur, dan bertujuan, baik kebiasaan mental dalam pikiran maupun tubuh, sesuai dengan hukum-hukum fisiologis.

Pendidikan adalah hidup, berarti pendidikan harus mengurusi baik tubuh, jiwa, maupun ruh anak. Akal budi butuh nutrisi berupa ide-ide yang segar dan besar, yang mampu menjadi api yang membakar sumbu potensi yang dimilik anak.

Itu sebagian materi yang ada di dalam buku “Cinta yang Berpikir” ini. Selain itu, banyak aspek pemikiran Charlotte Mason yang dieksplorasi, langkah-langkah praktis menggunakan CM dalam keseharian; juga perbandingan antara CM dengan filosofi pendidikan lainnya seperti Unit Studies, Unschooling, Classical, Montessori, dan Waldorf.

***

Buku ini sangat bagus!

Walaupun keluarga kami lebih cenderung pada Unschooling dalam pelaksanaan homeschooling kami, aku merekomendasikan buku ini untuk dibaca. Buku ini cocok untuk  keluarga-keluarga yang akan memulai homeschooling, juga para pendidik yang ingin mengeksplorasi model pendidikan yang berbeda daripada yang ada pada saat ini.

Aku merekomendasikan buku ini untuk orangtua sebagai wawasan parenting, baik yang anaknya homeschooling maupun sekolah. Selain memberikan sudut pandang konseptual yang menarik dan mencerahkan, buku ini juga berisi  hal-hal praktis tentang cara mengimplementasikan gagasan CM.

Sebagaimana kata-kata mbak Tiurnida Silvia Pohan dalam testimoninya, “Pemikiran Charlotte Mason ibarat makanan bagi pikiran yang mengandung gizi ‘komplit’, terlalu berharga untuk tidak dikunyah dan dicerna.”

****

Harga normal buku ini Rp 58.000,-*

Member grup Komunitas Charlotte Mason Indonesia (http://www.facebook.com/groups/210306649017667/), memperoleh potongan harga 10%, menjadi Rp 52.200,-*

Proses pemesanan silakan menghubungi link di bawah ini:
https://www.facebook.com/notes/cinta-yang-berpikir/harga-buku-cara-pemesanan/105861419545735

***

Catatan: saya tidak memiliki hubungan finansial dengan buku ini. Untuk pemesanan, silakan menghubungi langsung mbak Ellen Kristi melalui tautan di atas.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. setelah membaca ulasannya, saya jadi tertarik untuk membeli buku ini….

    benar-benar buku yang berisi pemikiran seorang yang sangat peduli pendidikan…
    sangat di rekomendasikan bagi siapa saja yang sedang membutuhkan gizi lebih dalam wawasan pendidikan…

    Terimakasih..

  2. Mas Aar, apakah punya link untuk memesan bukunya ibu Maria Magdalena yang judulnya anakku tidak mau sekolah? saya nyari2 di toko buku online susah sekali…

Tinggalkan komentar Anda

*