Quiz: program pertama dengan Scratch

Setelah tertunda beberapa hari, akhirnya hari ini Yudhis mengupload proyek pertama belajar pemrograman dengan Scratch yang dibuatnya minggu lalu. Proyek ini dibuat atas inisiatifnya sendiri.

Judul proyek pertamanya adalah Quiz. Isinya tentang pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh user.

Hasil dari proyek ini masih sangat sederhana. Tetapi sebagai hasil coba-coba dan proyek pertama, lumayan lah. Yang penting sudah ada outputnya dan itu membuat Yudhis bersemangat untuk belajar Scratch lebih lanjut.

Dalam proyek pertama ini, Yudhis belajar logika pemrograman: IF..THEN..ELSE..

**

Salah satu yang menarik dari Scratch adalah keberadaan komunitasnya. Setiap orang yang membuat program dengan Scratch bisa mengupload hasil karyanya. Juga, dia bisa melihat hasil karya orang lain dan mendownload proyeknya (melihat bagaimana programnya dibuat).

Hari ini, yang dilakukan Yudhis adalah signup di komunitas Scratch, mengupload karya, dan meng-embed di blognya. Kemudian dia browsing melihat karya-karya orang lain.

**

Ayo teman-teman yang anak-anaknya sedang belajar Scratch, hasil karyanya diupload. Terus saling berteman, berkunjung dan berkomentar supaya tambah semangat belajarnya… ^_^

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close