Proses Duta Belajar Bahasa Inggris di Raz Kids

Ada 2 tools yang saat ini kami gunakan untuk proses belajar bahasa Inggris Duta (7 tahun), yaitu Reading Eggs – Reading Eggspress dan Raz Kids. Kami menggunakan materi-materi tersebut secara bergantian, tergantung dinamika proses belajar Duta.

Awalnya, Duta belajar bahasa Inggris menggunakan Reading Eggs. Proses ini berdampingan dengan Raz Kids di level awal (Level aa). Setelah menyelesaikan Reading Eggs, Duta menggunakan Reading Eggspress dan Raz Kids.
Duta-RazKids

Reading & Comprehension

Penekanan pada Raz Kids adalah membaca dengan benar dan memahami isi bacaan. Proses belajar yang dilakukan adalah:

  • mendengarkan native speaker membaca buku
  • anak membaca dan merekam suaranya
  • anak mengerjakan quiz untuk menguji pemahamannya atas buku yang baru dibaca

Karena ada proses merekam, proses belajar Raz Kids ini dilakukan di laptop atau menggunakan headset yang ada mikroponnya.

Membaca Satu Buku per Hari

Saat ini, Duta berkomitmen di jadwalnya untuk belajar Raz Kids setiap hari. Usai mandi dan sarapan, salah satu kegiatan belajar Duta adalah belajar Raz Kids dengan menyelesaikan satu buku, mulai mendengarkan, membaca, hingga mengerjakan quiz.

Untuk proses belajar ini, kami tidak menentukan buku mana yang harus dibaca. Yang penting, buku itu ada di level yang sesuai. Duta memilih sendiri buku yang ingin dibacanya.

Pendampingan Orangtua

Proses belajar Raz Kids ini berlangsung kurang-lebih 15-20 menit. Kami meluangkan waktu setiap hari untuk menemani proses Duta belajar ini.

Yang kami lakukan sebenarnya tidak banyak. Kami hanya duduk menemaninya dengan mengobrol. Semua proses belajar dikerjakan sendiri oleh Duta. Sesekali, jika Duta ada kesulitan membaca sebuah kata, kami memberikan contoh. Atau, jika ada yang salah kami memberikan masukan kepadanya. Contoh dan masukan ini relatif jarang kami berikan karena Duta sudah mendengarkan contoh cara membaca sebelumnya.

***

Berikut ini video proses belajar Duta:

;

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Pak Aar, ini sifatnya online sajakah? apakah setelah membeli bisa menyimpan sarana belajar ini?

    Terimakasih sebelumnya

Tinggalkan komentar Anda

*

Close