Project Based Learning: lagu “Dekat di Minecraft”

Berawal dari Kelas Minecraft 2 yang diadakan oleh Yudhis, anak-anak yang menjadi peserta menjadi semakin intens berinteraksi bersama. Sebab, ada tugas-tugas dalam kelas Minecraft yang dilakukan sebagai tugas kelompok.

Kondisi ini membuat mereka akrab karena pertemuan diantara mereka terjadi tak hanya saat kegiatan Pramuka Oase dua minggu sekali, tetapi menjadi lebih sering via kegiatan bersama di server Minecraft.

Menjelang acara “Bincang Seru Homeschooling” yang diselenggarakan Klub Oase, tiba-tiba anak-anak ini inisiatif berkolaborasi membuat satu lagu. Lagu itu berjudul “Dekat di Minecraft” yang dibuat berdasarkan lagu asli “Dekat di Hati” oleh RAN.

Lagu “Dekat di Minecraft” itu kemudian dinyanyikan bersama saat acara “Bincang Seru Homeschooling” di Museum Bank Mandiri, Jakarta.

Video-Minecraft

***

Tak berhenti di sini, kami kemudian mengisiasi kegiatan rekaman saat acara bersama Klub Oase. Sesi rekaman sebenarnya dijadwalkan di sebuah studio rekaman di Cipinang Indah. Tapi karena ada problem teknis di studio, acara batal dan rekaman berpindah ke rumah dengan sarana seadanya.

Kamar Eyang Putri langsung disulap menjadi studio dan kak Wahyu Andito menyiapkan semua sarana untuk rekaman. Om Andito pula kemudian berperan sebagai sound engineer sementara Ade Hady mengatur urutan rekaman anak-anak.

Proses rekaman itu berlangsung seharian. Setelah selesai rekaman dan melalui proses mixing sederhana, lagunya siap. Setelah itu, giliran Yudhis untuk membuat video klipnya dengan melibatkan teman-temannya untuk melakukan screencasting di Minecraft.

***

Inilah video klip “Dekat di Minecraft” hasil kolaborasi anak-anak homeschooling di Klub Oase.

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close