Presentasi Rayap

Rayap

Kami terbiasa belajar dari apa-apa yang terjadi dalam keseharian. Kali ini, di rumah sedang menyewa jasa Pest Control untuk membersihkan rayap yang ada. Ternyata, dari petugas pest control tersebut kami mengetahui bahwa di rumah kami ada 3 koloni besar rayap. Kami juga jadi mengetahui bahwa jenis rayap yang ada berbeda-beda.

Mendengar cerita tentang bagaimana rayap bekerja, melihat “istana” rayap yang ada, bahkan mendengar derap langkah rayap yang seperti suara air mengalir betul-betul menyeramkan.

Anak-anak tentu saja menyimak apa yang sedang terjadi. Dalam proses ini mereka jadi tahu kalau laron yang sering berterbangan di malam hari itu kelak akan menjad ratu rayap. Wuaaah, obrolan tentang rayap menjadi seru di antara mereka.

Sambil ngobrol bersama anak-anak, kami memutuskan bersama untuk belajar lebih jauh tentang rayap. Setiap anak akan mencari informasi & membuat laporan tentang rayap  sesuai kemampuan mereka.

Menyimak presentasi

Ternyata anak-anak cepat sekali mencari informasi di internet. Dalam 2 hari laporan mereka sudah siap. Yang mengejutkanku, anak-anak bukan hanya siap secara materi, tapi juga mampu melakukan presentasi tentang rayap dengan baik. Berikut video presentasi Abby:

Abby membuat presentasinya menggunakan Power Point. Ini pertama kali Abby memakai Power Point, diajari oleh Yudhis.

Rayap

View more presentations from Mira Julia

***

Setelah Abby, giliran Tata presentasi. Untuk usianya yang masih 7 tahun, kami tidak terlalu menuntutnya untuk melakukan banyak riset. Tapi Tata ternyata sangat tertarik dengan rayap dan serius menyiapkan presentasinya. Ini videonya:

Dan ini presentasi Tata:

rayap

***

Terakhir giliran Yudhis yang presentasi. Ini videonya:

Materi presentasi Yudhis dibuat menggunakan Microsoft Publisher dan kemudian diunggah ke Issuu untuk menjadikannya online magazine:

***

Yang paling menarik dalam proses ini adalah mereka mengerjakannya secara mandiri. Aku dan mas Aar betul-betul menerima hasil akhir. Yudhis mengalami sedikit masalah ketika memindahkan filenya dari komputernya ke komputerku untuk aku periksa, ada font yang hilang. Dari situ Yudhis belajar bahwa setiap komputer memiliki koleksi font yang berbeda, dan dia harus memastikan font yang ada berubah menjadi gambar agar bisa aman terbaca oleh komputer siapapun.

Ketika menghadapi masalah ini, kami bercerita kepada Yudhis; beginilah cara bekerja sama kelak, cara mengirim laporan kepada orang lain dan standar kualitas yang perlu dia jaga pada setiap pekerjaannya.

Secara keseluruhan ketiganya melakukan presentasi dengan baik & bersungguh-sungguh. Setelah presentasi, bapak Aar kemudian merangkum pekerjaan mereka, memberikan feedback, dan presentasi diakhiri dengan diskusi lebih dalam tentang Rayap.

Usai presentasi tentang rayap, anak-anak mendapat “hadiah” membeli es krim di warung dekat rumah.

Seruuu!! Senang sekali melihat semangat belajar anak-anak :)

 

Sumber gambar: http://science.howstuffworks.com/environmental/life/zoology/insects-arachnids/termite2.htm

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Bravo Abby ,Yudhis & Tata. Hebatnya Mas Aar & Mb Lala dalam mendidik mereka mulai terlihat jelas dgn kemandirian mereka, dgn ciri2 masing2 anak yg unik. Selamat!

  2. keren ;-) tadinya nunggu juga pencegahan & pembasmiannya :D

Tinggalkan komentar Anda

*