Praktikum Lampu Pijar

Praktikum Lampu PijarTadi sore aku belajar praktikum tentang listrik lampu. Aku belajar merakit lampu pijar. Jadi aku hanya diberi bohlam lampu, tempat lampu, kabel, colokan.

Pertama, aku buka tempat lampu pakai obeng. Trus aku buka, aku cabut kabel yang ada di dalam mur pakai obeng. Habis itu aku ganti dengan kabel yang sudah ada colokannya.

Sewaktu aku mengganti kabel aku mengalami kesulitan karena besi yang ada di dalam tempat lampu yang harus dimasukkan kabel dan diikat mur posisinya miring. Lalu aku mencoba pasang-pasang, akhirnya bisa. Tidak lama kemudian Baruna datang dan membantuku memasang mur yang satunya.

Untuk memasukkan dan menyambungkan mur ternyata susaaah sekali, sehingga aku memerlukan waktu cukup lama. Akhirnya Baruna berhasil, dengan cara murnya disangkutkan ke gunting kemudian dicolokin dan diputar-putar ke tempat yang harus dimasukkan mur. Lalu aku memasukkan mur yang diikat kabel ke besi dengan cara yang tadi.

Lampu Pijar pertamakuAku melihat masih ada satu bagian lagi, tapi aku tidak tahu itu apa. Jadi aku bilang, “Baruna, Tata, kita sudah selesai nih” Lalu Tata membantu memasangkan bohlam pijar ke tempat bohlam. Beres… Kemudian kami coba colok… lho kok nggak nyala??

Kemudian bude Titing melihat di meja kita masih ada satu bagian yang belum terpasang. Katanya, itu bagian untuk menyambungkan listrik ke lampu. Ya sudah, akhirnya salah satu dari mur tadi aku cabut pakai obeng. Tiba-tiba malah tambah susah, untuk menyambungkan listrik dengan murnya diputer dibawah itu susah banget, memakan waktu lebih lama lagi. Setelah coba-coba, akhirnya berhasil. Haah.. lega banget.

Setelah bohlamnya dipasang lagi, kemudian rangkaian lampu pijar itu kita colokin lagi ke listrik…treng treng treng treng cling…. nyala deh. Senangnya…….lega πŸ™‚

Tulisan menarik lainnya

About yudhis

Trackbacks

  1. […] “hey aku berhasil merakit lampu“ […]

Tinggalkan komentar Anda

*

Close