Petualangan Belajar melalui Kegiatan Mencari Jejak

Apakah Anda punya fantasi petualangan ketika masih kecil? Kalau aku, entah karena kebanyakan baca buku detektif atau petualangan, tapi aku waktu kecil aku suka sering berkhayal menjadi seorang penjelajah, mencari jejak, harta karun dan sejenisnya.

Beruntung aku punya bapak dan ibu yang suka “menantang” anak-anaknya dengan tantangan mencari jejak. Aku ingat ibu dan bapak sering tiba-tiba memberiku secarik kertas berisi “petunjuk” yang harus diikuti olehku dan teman-teman untuk mendapatkan “harta karun”.

mencari jejak scevenger hunt treasur hunt

Saat besar, aku baru sadar bahwa permainan mencari jejak (kadang disebut treasure hunt atau scavenger hunt) adalah salah satu bentuk belajar sambil bermain yang sangat menyenangkan. Dengan mencari jejak, anak tak hanya belajar sebuah hal baru, tapi juga menikmati prosesnya.

Beberapa manfaat dari permainan mencari jejak adalah:

  • Melatih ketahanan fisik. Permainan ini mau tidak mau memaksa anak untuk bergerak dan banyak berjalan karena harus pergi dari titik satu ke titik lain yang lain.
  • Meningkatkan kemampuan eksplorasi. Kegiatan ini membantu anak mengenali sebuah daerah tertentu, membuat anak mampu beradaptasi di tempat baru dan menemukan hal-hal yang menarik di tempat tersebut.
  • Mempertajam kemampuan navigasi. Kegiatan ini juga bisa dipakai untuk membantu anak mengenali arah jalan, meningkatkan kemampuan mereka dalam mengikuti petunjuk, membaca peta, menghitung jarak, merancang langkah, mengingat jalur yang sebelumnya diambil, mempelajari kompas (kalau sekarang ditambah mengenali cara pakai GPS), melihat dari matahari, menjaga agar tidak tersesat, dll.
  • Membangun kerja sama tim. Jika kegiatan ini dilakukan beregu, maka anak akan belajar berkolaborasi, bekerja sama, membangun suasana perjalanan yang asyik, mempelajari cara memecahkan masalah jika timbul di antara mereka, melatih jiwa kepemimpinan & tanggung jawab.
  • Meningkatkan kepercayaan diri. Melalui proses berlatih kemampuan berinteraksi dengan orang baru, memahami sebuah daerah baru, kemampuan adaptasi dalam daerah baru, maka anak-anak akan meningkat kepercayaan dirinya bahwa mereka akan mampu bertahan dalam kondisi dan situasi apapun.
  • Memperluas pengetahuan umum. Permainan ini merupakan cara efektif untuk memperkenalkan sebuah topik baru kepada anak, menjadi cara asyik untuk memperkenalkan tentang sejarah, budaya, seni, tempat-tempat bersejarah. Banyak hal yang lebih mudah diingat anak karena mereka merasakan, tak hanya sebatas pengetahuan saja.
  • Merangsang kemampuan berfikir anak. Ketika kegiatan ini dibuat beregu atau pertandingan antar regu, maka anak akan tertantang menggunakan ketrampilan dan pengetahuan mereka untuk berfikir logis dan kreatif serta melatih anak  menentukan prioritas.
  • Mengajarkan tanggung jawab. Kegiatan ini mengajarkan anak untuk mendengarkan, menyimak, mencari, merencanakan strategi & membuat keputusan bersama sehingga anak belajar menerima konsekwensi dari apa-apa yang menjadi pilihan mereka.
  • Meningkatkan kebahagiaan. Kegiatan ini bisa meningkatkan suasana hati karena biasanya penuh kegembiraan. Aku ingat selalu semangat dalam mengikuti kegiatan seperti ini, karena buatku yang penting jalan bareng temen dan berkegiatan bersama.
  • Meningkatkan interaksi sosial. Tak jarang, kegiatan ini memaksa anak untuk keluar dari zona nyaman mereka karena kegiatan itu biasanya berada di daerah baru, apalagi jika dilakukan dengan orang-orang baru dan anak harus bisa beradaptasi untuk dapat berinteraksi dengan sesama anggota tim untuk memastikan tujuan tim terpenuhi.

Melatih Anak Mampu Mencari Jejak

Bagaimana cara melatih anak agar menyukai permainan mencari jejak? Anda bisa mulai dengan mengajak mereka lebih memperhatikan sekitarnya.

Berikut beberapa ide kegiatan & printable gratis yang bisa Anda gunakan untuk melatih kemampuan anak mencari jejak.

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Great…! Thanks for sharing Bu… <3

Tinggalkan komentar Anda

*