Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-9

Perkembangan Bayi Anda

Ekor di bagian bawah tulang belakang bayi Anda telah menyusut dan hampir menghilang pada minggu ini. Sebaliknya, kepala bayi Anda mulai tumbuh – cukup besar dibandingkan dengan seluruh tubuh dan berbentuk hingga dada.

Pada minggu ini, bayi Anda berukuran sekitar 0,6 – 0,7 inci (16 sampai 18 milimeter) dari puncak kepala sampai pantat dan beratnya sekitar 0,1 ons (3 gram). Ujung hidung sudah terbentuk dan dapat terlihat. Penutup dari kulit di atas mata mulai berubah menjadi kelopak mata, yang akan menjadi lebih terlihat jelas dalam beberapa minggu ke depan.

Sistem pencernaan bayi Anda terus berkembang. Anus mulai terbentuk dan usus menjadi lebih panjang. Selain itu, organ reproduksi internal, seperti testis dan ovarium, mulai membentuk minggu ini.

Bayi Anda dapat membuat beberapa gerakan pertama minggu ini karena ototnya mulai berkembang. Jika Anda menjalani USG saat ini, gerakan-gerakan itu mungkin terlihat. Tetapi Anda belum dapat merasakannya selama beberapa minggu.

(c) Anatomical Travelogue

(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Tubuh Anda

Dalam persiapan untuk kunjungan prenatal pertama Anda, luangkan waktu untuk melihat riwayat kesehatan keluarga Anda dan untuk meninjau catatan medis Anda.

Apakah Anda punya penyakit kronis, alergi, atau operasi? Apakah saat ini Anda minum obat resep dokter? Apakah Anda mengetahui adanya kelainan genetik yang ada di keluarga Anda? Apakah siklus menstruasi Anda teratur? Apakah Anda pernah hamil sebelumnya? Apakah Anda merokok atau minum alkohol? Apa kebiasaan olah raga Anda?

Informasi ini akan bermanfaat saat kunjungan Anda ke dokter atau bidan. Jika ada hal-hal khusus, diskusikan catatan kesehatan Anda dengan mereka agar Anda dapat memperoleh saran profesional untuk menangani proses kehamilan Anda.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close