Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-6

Perkembangan Bayi Anda

Pada minggu ke-6, otak bayi Anda dan sistem saraf berkembang dengan pesat. Vesikel optik, yang kemudian membentuk mata, mulai berkembang pada minggu ini pada sisi kepala. Hal yang sama terjadi pada lorong yang akan membuat organ telinga bagian dalam.

Jantung bayi anda akan mulai berdetak sekitar waktu ini dan bahkan mungkin terdeteksi pada saat pemeriksaan USG. Pada saat ini mulai terjadi juga proses awal pembentukan organ pencernaan dan sistem. Tunas kecil yang akan tumbuh menjadi lengan dan kaki bayi Anda juga muncul pada minggu ini.

Karena kaki mereka meringkuk sepanjang masa kehamilan, membuat ukuran panjang bayi adalah hal yang sulit. Panjang bayi sering diukur dari puncak kepala sampai pantat daripada dari kepala sampai kaki. Minggu ini, bayi Anda hanya memiliki panjang 0,08-0,2 inci (2 sampai 5 milimeter) dari puncak kepala sampai pantat!

Bayi Minggu ke-6

(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Tubuh Anda

Keluhan kehamilan umum dapat terasa penuh pada minggu ini. Anda mungkin merasa sangat kelelahan karena tubuh Anda sedang menyesuaikan dengan tuntutan kehamilan.

Perasaan lemah, sakit dada, mual dan muntah (morning sickness) mungkin membuat Anda merasa kurang nyaman. Meskipun namanya sakit pagi (morning sickness), rasa tidak enak badan itu dapat terjadi setiap jam atau sepanjang hari. Jadi jangan heran jika rasa mual Anda tidak berhenti pada siang hari.

Mual bukan satu-satunya hal yang menyebabkan Anda harus sering ke toilet. Perubahan hormonal dan faktor-faktor lain, seperti ginjal yang bekerja ekstra keras untuk membuang limbah dari tubuh Anda juga menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil.

 

Do & Don’t

Cek kehamilan Anda pada dokter atau bidan secara rutin sehingga Anda bisa mendapatkan saran cara menjaga kondisi Anda selama masa kehamilan. Wanita yang menerima perawatan kehamilan sejak awal dan rutin secara statistik menunjukkan kemungkinan besar kelahiran bayi yang lebih besar dan lebih sehat.

 

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close