Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-4

Perkembangan Bayi Anda

Saat usia kehamilan Anda empat minggu, bayi Anda (disebut embrio) terdiri dari dua lapisan sel – epiblast dan hypoblast – yang akhirnya akan berkembang menjadi semua organ bayi Anda dan bagian tubuh.

Dua struktur lain yang berkembang saat ini adalah amnion dan yolk sac. Amnion, berisi cairan ketuban, akan mengelilingi dan melindungi embrio yang sedang berkembang. Yolk sac akan memproduksi darah dan membantu untuk memelihara embrio sampai plasenta mengambil alih peran itu.

(c) KidsHealth.org

(c) KidsHealth.org

Perkembangan Badan Anda

Minggu ini bayi Anda terus menancapkan diri di dalam rahim Anda, mengubur diri jauh di dalam endometrium. Setelah tertancap, bayi Anda mulai memproduksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG), yang membantu untuk mempertahankan lapisan rahim. Hormon ini juga mengirimkan sinyal ke ovarium untuk berhenti melepaskan telur setiap bulan, yang mengakibatkan menstruasi bulanan Anda berhenti.

Beberapa wanita mengalami sedikit kram dan bercak darah selama minggu ini saat implantasi berlangsung. Mereka mungkin salah memahami bahwa itu adalah tanda menstruasi, seperti yang sering terjadi di sekitar waktu periode menstruasi bulanan.

hCG adalah hormon yang biasanya diukur dalam tes kehamilan. Pada minggu ini, tes kehamilan mungkin akan dapat mendeteksi kehamilan Anda!

hCG juga menyebabkan gejala-gejala kehamilan, yang dapat muncul minggu ini. Kelelahan, kesemutan atau nyeri payudara, atau mual mungkin menyebabkan Anda untuk percaya bahwa menstruasi Anda akan dimulai karena gejala kehamilan pertama menyerupai sindrom pra-menstruasi (PMS). Tetapi pada akhir minggu ini, menstruasi yang Anda harapkan tidak akan terjadi karena Anda hamil!

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Tantri Larasati says:

    Slamat siank para Bunda” mau sher donk

    Perkenalkan aku Tantri umurku 23 thn,aku sudah menikah 3 bulan tp sampai saat ni blm memiliki momongan,tp الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِي aku sudah telat 1 bln,apakah aku hamil/tdk??HPHT aku tgl 4 feb kmren,dan kl pendapat bunda,brp lama aku telat 🙂 trims.

    • mb Tantri,
      Bagusnya dikonsultasikan dengan bidan dekat rumah, supaya diskusinya bisa lebih jelas 😀

  2. Kmrn telat dtg bln 14 hari..saya tes hasilnya positif.mens terakhir 29 mei 14 klo d htung manual usia kehamilan 6 minggu tapi dri Hasil USG kok katanya blm ada 6 minggu.gambar titik bulat kecil.saya jadi bingung usia kandungan saya.mohon bantuanya terimakasih bun

  3. Thanks for info nya :)) Aku jadi tahu kalau kehamilan 4 minggu itu seperti sedang pms. Emang benar sihh.. Hehehee

Tinggalkan komentar Anda

*

Close