Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-24

Perkembangan Bayi Anda

Bayi Anda masih menerima oksigen melalui plasenta. Tapi setelah kelahiran, paru-parunya akan mulai mengambil oksigen sendiri. Dalam persiapan untuk itu, paru-paru bayi Anda sedang mengembangkan kemampuan untuk memproduksi surfaktan. Surfaktan adalah zat yang mengatur kantung udara di paru-paru saat kita menghembuskan napas agar kita bisa bernapas dengan benar.

Karena telinga bagian dalam – yang mengontrol keseimbangan dalam tubuh – sekarang benar-benar berkembang, bayi Anda mungkin dapat mengatakan kapan dia berada dalam posisi terbalik atau miring ke kanan sambil mengambang dan bergerak di dalam cairan ketuban.

Bayi-mg-24

(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Tubuh Anda

Tes kehamilan glucosa screening biasanya dilakukan pada minggu ke-24 sampai 28. Pemeriksaan glukosa dilakukan untuk mengetahui gestational diabetes, jenis diabetes temporer yang terjadi selama kehamilan dan dapat menyebabkan masalah pada bayi baru lahir, seperti gula darah rendah. Gestational diabetes juga dapat meningkatkan kemungkinan seorang wanita membutuhkan operasi caesar karena dapat menyebabkan pertumbuhan bayi yang sangat besar.

Selama tes skrining glukosa, Anda akan minum minuman bergula dan kemudian darah Anda diambil. Jika kadar gula darah Anda terlalu tinggi, Anda akan menjalani tes lebih lanjut. Gestational diabetes biasanya dapat dikontrol dengan diet terencana dan berolahraga secara teratur, tapi terkadang membutuhkan obat seperti insulin selama kehamilan.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*