Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-22

Perkembangan Bayi Anda

Indra-indra bayi yang akan digunakan untuk mengenali dunia sedang berkembang setiap hari. Indra perasa sudah mulai terbentuk di lidah. Otak dan ujung saraf cukup terbentuk sehingga janin bisa merasakan sentuhan.

Bayi Anda mulai bereksperimen dengan indra perasa yang baru terbentuk tadi dengan membelai wajahnya atau mengisap jempol, serta merasa bagian tubuh lain dan melihat bagaimana anggota tubuhnya bergerak.

Sistem reproduksi bayi Anda juga terus berkembang. Pada anak laki-laki, testis mulai turun dari perut dan pada anak perempuan rahim dan ovarium berada di tempat dan vagina sedang berkembang.

(c) Anatomical Travelogue

(c) Anatomical Travelogue

 

Perkembangan Tubuh Anda

Jika Anda belum merasa kehadiran bayi Anda, Anda akan segera merasakan rahim Anda berlatih untuk mengirimkan pertanda berupa kontraksi menyakitkan yang disebut kontraksi Braxton Hicks. Anda mungkin merasakan sensasi meremas di perut Anda.

Jangan khawatir, meskipun Bayi Anda mungkin bisa merasakan kontraksi seperti meremas rahim, tetapi kontraksi Braxton Hicks tidak berbahaya atau merusak. Namun jika kontraksi menjadi lebih intens, menyakitkan, atau sering terjadi, hubungi dokter Anda segera karena kontraksi teratur yang menyakitkan mungkin merupakan tanda persalinan prematur.

 

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close