Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-21

Perkembangan Bayi Anda

Cairan ketuban yang mendukung bayi dalam rahim sekarang memiliki fungsi lain. Usus telah cukup berkembang sehingga sejumlah kecil gula dapat diserap dari cairan yang ditelan dan melewati sistem pencernaan ke usus besar. Namun, hampir semua makanan bayi Anda masih berasal dari Anda melalui plasenta.

Sampai saat ini hati dan limpa bayi Anda telah bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah. Tapi sekarang ruang sumsum tulang sudah berkembang sehingga bisa berkontribusi dalam pembentukan sel darah juga. Sumsum tulang ini akan menjadi tempat utama produksi sel darah pada trimester ketiga dan setelah melahirkan. Limpa akan berhenti memproduksi sel darah pada minggu ke-30 dan hati akan berhenti beberapa minggu sebelum kelahiran.

 

(c) Anatomical Travelogue

(c) Anatomical Travelogue

 

Perkembangan Tubuh Anda

Apakah olahraga yang aman selama kehamilan?

Olah raga dapat menjadi cara yang bagus agar Anda tetap bugar selama kehamilan. Olah raga bahkan dapat mengurangi beberapa gangguan seperti varises, berat badan yang berlebihan, dan sakit punggung.

Tapi kehamilan bukanlah waktu untuk olahraga berat. Karena ligamen menjadi lebih rileks selama kehamilan, Anda berisiko lebih tinggi untuk cedera. Olahraga tekanan rendah atau tanpa tekanan seperti yoga, berenang, dan berjalan adalah pilihan terbaik Anda.

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga saat Anda sedang hamil.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close