Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-20

Perkembangan Bayi Anda

Kehamilan Anda sudah 20 minggu, berarti Anda sudah setengah jalan! Dua puluh minggu dalam kehamilan Anda, bayi Anda telah tumbuh secara signifikan dari sel, membelah diri, dan sekarang beratnya sekitar 11 ons (312 gram) dan panjangnya sekitar 6,3 inci (16 cm). Bayi itu semakin mengambil ruang di dalam rahim Anda. Pertumbuhan yang berkelanjutan akan memberikan tekanan pada paru-paru, perut, kandung kemih, dan ginjal Anda.

Di bawah vernix kaseosa (pelindung, lapisan lilin), kulit bayi menebal dan mengembangkan lapisan-lapisan kulit. Rambut dan kuku tumbuh terus.

(c) Anatomical Travelogue

(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Tubuh Anda

Jika Anda belum USG, mungkin minggu ini adalah waktunya dokter Anda merekomendasikan USG bagi Anda. USG adalah tes diagnostik yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar. USG dapat menentukan ukuran dan posisi janin, kelainan struktur tulang dan organ yang terlihat saat ini. Tergantung pada posisi janin, jenis kelamin biasanya dapat ditentukan sekarang. Selama USG, tali pusat, plasenta, dan air ketuban juga dapat diperiksa. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang risiko dan keuntungan dari tes ini.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close