Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-19

Perkembangan Bayi Anda

Bayi Anda sekarang ditutupi dengan zat putih berlilin yang disebut vernix kaseosa, yang membantu mencegah kulit halus dari menjadi pecah-pecah atau tergores. Bayi prematur biasanya ditutupi lapisan ini saat persalinan.

Saat ini bayi Anda masih kecil, tapi minggu ini mengalami perkembangan lemak coklat (brown fat) yang berfungsi membantu menjaga bayi Anda agar tetap hangat setelah lahir. Selama trimester terakhir, bayi Anda akan menambahkan lapisan lebih lemak untuk kehangatan dan perlindungan.

(c) Anatomical Travelogue

(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Tubuh Anda

Perhatian Anda pada kesehatan bayi Anda dapat memberikan keyakinan dan kenyamanan bagi diri Anda saat Anda merasakan gerakan pertama bayi Anda, yang sering terjadi antara minggu ke-18 dan 20.

Gerakan-gerakan pertama bayi terasa cepat, rasanya seperti kupu-kupu di dalam perut atau perut yang sedang keroncongan. Seiring waktu, Anda akan merasakan tendangan, pukulan, dan mungkin cegukan!

Setiap bayi memiliki pola pergerakan yang berbeda. Tetapi jika Anda khawatir atas kondisi pergerakan bayi Anda, atau jika frekuensi atau intensitas gerakan bayi menurun, konsultasikan dengan dokter Anda.

Banyak wanita bertanya-tanya di sekitar saat ini apakah berhubungan seks akan menyakiti janin mereka dan jawabannya tidak. Seks dianggap aman pada semua tahap kehamilan selama kehamilan Anda normal.

Tapi itu terkadang Anda tak ingin melakukannya. Banyak wanita hamil menemukan bahwa keinginan mereka untuk melakukan seks berfluktuasi selama berbagai tahap kehamilan, tergantung pada kelelahan mereka, pertumbuhan ukuran kehamilan, kecemasan atas kelahiran, dan sejumlah perubahan tubuh lainnya.

Tips: jagalah komunikasi dengan pasangan Anda dengan melakukan komunikasi yang terbuka kala isu-isu seperti ini muncul. Meskipun Anda berdua mungkin akan disibukkan dengan bayi yang akan lahir, penting bagi Anda dan pasangan Anda untuk memiliki waktu-waktu luang bersama.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close