Percobaan Sains: Membuat pelangi

Membuat Pelangi

Kemarin Yudhis membuat kejutan. Siang hari, di saat waktu istirahat dan panas yang terik, tiba-tiba Yudhis berteriak memanggilku.

“Pak, aku bisa bikin pelangi…!” teriaknya dengan gembira.

Aku kemudian mendatanginya. Ternyata dia sedang bermain dengan semprotan air yang disemburkan secara halus ke udara di tengah sinar matahari yang cerah. Akibatnya, terlihat bayangan pelangi warna-warni yang terlihat jelas.

Wah… Yudhis terlihat bahagia karena berhasil menemukan kegiatan itu. Abby dan Tata pun menikmati proses itu.

“Menurut kamu, mengapa bisa terjadi pelangi, Dhis?” aku bertanya.

“Aku masih inget pelajaran bude Titing,” jawab Yudhis. “Pelangi itu terbentuk karena ada butir-butir air yang halus yang kena sinar matahari. Sinar matahari itu kemudian dibiaskan menjadi warna-warni pelangi.” Yudhis menjawab dengan penuh percaya diri.

“Bagaimana kamu bisa menemukan kegiatan ini?”

“Aku nggak sengaja. Tadi aku main-main semprotan air buat tanaman. Ternyata waktu aku semprotkan ke tempat yang panas, jadi pelangi deh.”

Hehehe… ini betul-betul kejutan dan pengalaman belajar yang menyenangkan. Penemuan bisa terjadi secara tidak sengaja. Percobaan sains ternyata bisa dilakukan dengan media sederhana dan biaya murah.

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. wah ini seru sekali… ;-)

  2. aah subagijo says:

    proses belajar sesungguhnya ya pak sumardiono,,, ;-)

Tinggalkan komentar Anda

*