Pendidikan Karakter: Sikap Positif & Pantang Menyerah

Belajar bukan hanya perihal menguasai materi pelajaran. Belajar bukan hanya jago mengerjakan tes ujian dan mendapat nilai bagus atau menjadi juara kelas.

Menurutku, materi pelajaran bisa saja dilupakan dan tidak diingat lagi. Apalagi kalau materinya hafalan dan cukup jauh dari realitas kehidupan anak.

Yang penting, menurutku, justru berkaitan dengan proses-proses yang terkait dengan belajar. Proses yang dilakukan secara terus-menerus akan membekas dan menjadi nilai-nilai yang terinternalisasi dalam diri anak.

Kalau proses belajar dan meraih prestasi dilakukan dengan mencontek & curang, nilai-nilai itu akan menginternal pada anak. Demikian juga jika nilai yang dijalani anak adalah kerja keras dan kejujuran, nilai-nilai itu pula yang akan tertanam dalam diri anak.

Pendidikan-Karakter

***

Sikap positif dan sikap mental pantang menyerah (agility) adalah sikap mental penting yang perlu dikuasai anak. Sikap-sikap ini adalah produk dari pendidikan karakter yang berhasil dan perlu menjadi bagian dari pembelajaran anak-anak sehari-hari.

Bagaimana sikap positif dan mental pantang menyerah itu diserap dan dipelajari oleh anak?

Salah satu dan utama adalah melalui inspirasi dan keteladanan yang dilihat anak. Keteladanan bisa diperoleh dari manapun, termasuk dicontohkan oleh keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana prakteknya? Silakan simak video berikut ini:

[fbvideo link=”https://www.facebook.com/RumahInspirasi/videos/829102073869591/” width=”500″ height=”400″ onlyvideo=”1″]

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*