Pendaftaran #FESPER2014 Dibuka

Festival Pendidikan Rumah (FESPER) 2014 akan diselenggarakan di Salatiga, Jawa Tengah pada 28-30 Maret 2014. Kemarin, pendaftarannya dibuka dan sudah 18 keluarga mengirim formulir pendaftaran. Kalau setiap keluarga terdiri 3 orang, maka berarti sudah ada lebih dari 50 orang yang mengisi formulir pendaftaran. Ini cepat sekali karena target pesertanya 150 orang.

FESPER adalah acara tahunan keluarga praktisi pendidikan rumah, sering disebut homeschooling atau home education. Acara ini non-profit, diselenggarakan dari-keluarga-untuk-keluarga. Jadi panitianya gotong royong ditambah beberapa volunteer yang membantu.

Selama 3 hari, para peserta akan berkegiatan bersama, mulai field trip, kegiatan khusus anak-anak, sharing para orangtua,api unggun, dan kegiatan keluarga. Yang juga berharga, sepanjang waktu itu para orangtua bisa saling mengobrol informal dan berjejaring. Anak-anak juga bermain bersama, membangun pertemanan dan persahabatan yang akan tumbuh dari tahun ke tahun.

FESPER 2013

FESPER 2013

***

Kami sendiri senang sekali dengan inisiatif FESPER dari teman-teman praktisi homeschooling ini. Dari pengalaman FESPER 2013, anak-anak sangat menikmati kegiatan berkumpul dan berkegiatan bersama selama 3 hari bersama teman-temannya. Mereka langsung menabung untuk mempersiapkan acara #FESPER2014 tahun ini.

Proses menabung itu harus dilakukan karena dalam hitungan keluarga kami biayanya secara nominal cukup besar karena jumlah kami berlima dan ada biaya tranportasi dari Jakarta menuju Salatiga. Untuk tahun ini, biaya #FESPER2014 adalah Rp 350 ribu/orang. Biaya itu sebenarnya relatif murah karena benar-benar terpakai untuk biaya fieldtrip, sewa tenda, makan 6x, snack 4x, dan berkegiatan. Para pemandu acara tak ada yang dibayar, bahkan mereka membayar juga karena merupakan bagian dari peserta.

So, jangan lewatkan kesempatan langka ini. Jika Anda tertarik, segeralah mendaftar dan memastikan keluarga Anda ikut serta. Jika ada pertanyaan, langsung hubungi panitia bagian pendaftaran atau melalui Facebook/Twitter FESPER.

Informasi  #FESPER2014: www.fesper.org
Pendaftaran #FESPER2014: http://fesper.org/pendaftaran/
Susunan Acara #FESPER2014: http://fesper.org/acara-fesper-2014/
Lokasi Acara #FESPER2014: http://fesper.org/lokasi-fesper-2014/

Lokasi #FESPER2014

Lokasi #FESPER2014

***

Bagi Anda yang mendaftar, sampai berjumpa (dengan izin Allah) tanggal 28-30 Maret di acara #FESPER2014 di Salatiga. O ya, kalau Anda sudah mengisi formulir, jangan lupa mentransfer uang muka karena Anda baru dicatat sebagai peserta setelah melakukan transfer pembayaran. First-in first-served.

UPDATE (07/01): secara mengejutkan antusiasme teman-teman sangat luar biasa sehingga pendaftaran peserta sudah ditutup karena sudah melebihi kapasitas tempat acara.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. ya Allah… udah tutup, hikss…

    • Iya mbak Indah. Panitia juga terkejut melihat antusiasme peserta yang mendaftar. Ini sudah ditutup saja masih kelebihan peserta. Penginnya sih ditambah, tapi apa daya masalahnya adalah keterbatasan fisik area tempat acara yang tidak bisa diapa-apakan. Mudah-mudahan tahun depan bisa ikut ya mbak.. 🙂

  2. amiin.. pak Aar saya baca ttg ujian Yudhis di salatiga, itu infonya kemana ya? apakah ke diknas setempat atau ada komunitas homeschooling yang menyelenggarakan ujian?

  3. gara-gara jarang ke rumah ini jadi ketinggalan fesper 2014 deh….haduh kasian anak2 padahal sdh pengen ikut…salah ku….semoga fesper ini tambah sukses (sepertinya sih lha wong awal januari pendaftaran sdh ditutup…) sedih rasanya mungkin memang belum rezekinya yaaa….hiks

  4. rarasati says:

    halo Pak Aar. Saya terlambat mendapat info ttg FESPER jd tdk bisa jadi peserta. Di acara FESPER ntar, apakah ada sesi (terutama ttg homeschooling) yg bisa diikuti oleh non peserta FESPER? (semoga ada…). Atau adakah informasi yg tersedia selama acara yg bisa diakses oleh non peserta? Saya tinggal di Salatiga, jadi mudah bagi saya untuk datang ke venue tsb. Terima kasih sebelumnya. salam.

Tinggalkan komentar Anda

*

Close