Parameter perkembangan anak usia 4-5 tahun

Berikut ini alat bantu untuk memantau perkembangan umur 4 – 5 tahun menurut June R Oberlander dalam buku “Slow and Steady Get Me Ready”.

Idenya sederhana dan menarik, dengan melakukan observasi dan mencatat jadwal perkembangan anak. Kita dapat melakukannya untuk memantau perkembangan bayi kita.

Ada 36 perkembangan anak yang perlu diamati dalam usia ini, beberapa diantaranya adalah:

  • Toilet training
  • Makan dengan sendok dan garpu
  • Duduk tenang untuk beberapa saat
  • Senang bila mendengarkan cerita
  • Memakai jaket sendiri tanpa batuan
  • Mampu mengancingkan jaket sendiri
  • Mampu memakai sepatu sendiri dengan benar

Selengkapnya ada di tabel yang dapat didownload berikut ini.

DOWNLOAD

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. sangat menarik untuk dicermati dan memberi info yang sangat berharga. tks ya…

  2. sangat membantu bagi kami orang tua …terima kasihh yaaaa

  3. Terus terang saya kurang cocok dg kurikulum yg ditetapkan pemerintah saat ini terutama untuk pendidikan dasar. Terlalu kompleks untuk masa kanak2. sebagai alternatifnya saya ingin mencoba home schooling. anak saya 4 tahun, sekarang saya persiapkan. Terimakasih saya menemukan web ini, super sekali. Bersama rekan2 yg mempunyai misi visi berbagi dalam kebaikan. Terimakasih… sharing is caring… IloveIt

  4. Terima kasih atas informasinya.

Tinggalkan komentar Anda

*