Parameter Perkembangan Anak Usia 2 – 3 tahun

2-3 TahunBerikut ini alat bantu untuk memantau perkembangan umur 2 – 3 tahun menurut June R Oberlander dalam buku “Slow and Steady Get Me Ready”.

Idenya sederhana dan menarik, dengan melakukan observasi dan mencatat jadwal perkembangan anak. Kita dapat melakukannya untuk memantau perkembangan bayi kita.

Ada 20 perkembangan anak yang perlu diamati dalam usia ini, beberapa diantaranya adalah:

  • Membuka dan menutup pintu
  • Berlari dengan baik
  • Senang memanjat
  • Menuruni anak tangga satu demi satu dengan kaki yang sama secara perlahan
  • Menumpuk benda lebih tinggi (6 benda atau lebih)
  • Menggunakan pensil warna untuk membuat tulisan cakar ayam
  • Dapat melipat kertas bila dicontohkan terlebih dahulu

Selengkapnya ada di tabel yang dapat didownload berikut ini.

DOWNLOAD

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. sangat mendukung banget deh sama home schooling

  2. Saya paling suka artikel ini karena anak saya sedang di umur ini dan kemampuannya seperti yg disebutkan di artikel ini dia bisa sehingga sebagai orangtua saya tidak perlu cemas apabila anak orang lain lebih bisa daripada anak sy. Yg penting sudah masuk parameter rata2. Terima kasih Rumah Inspirasi.

Trackbacks

  1. […] parameter perkembangan umur 2-3 tahun yang ku baca di Rumah Inspirasi, dari 20 perkembangan yang ada, sebagian besar sudah bisa dilakukan Aqilla. Beberapa yang belum […]

Tinggalkan komentar Anda

*

Close