Paper Craft Rumah Batak Toba

Bagi teman-teman yang suka membuat kriya kertas (papercraft), ada papercraft tentang Rumah Batak Toba yang bisa didownload gratis. Papercraft ini adalah produk kedua hasil kerjasama antara Rumah Inspirasi dan Paper-Replika tentang ikon-ikon Indonesia. Sebelumnya, ada papercraft Jam Gadang – Padang.

Rumah adat Batak Toba disebut juga Rumah Bolon. Rumah ini besar, bisa dihuni oleh 5 hingga 6 keluarga.

Bentuk atapnya khas, melengkung mirip rumah gadang, rumah Batak Toba tampil cantik dengan berbagai ornamen yang memenuhi sekujur rumah itu. Rumah Batak Toba berdiri di atas tiang-tiang yang tinggi, terkadang hingga 1.75 meter di atas tanah. Untuk memasuki rumah, orang harus naik tangga yang berada di bagian depan tengah rumah itu. Sementara bagian bawahnya digunakan sebagai kandang ternak.

**

Aku kemarin mencoba membuat papercraft ini bersama anak-anak, sambil mengisi waktu karena listrik PLN mati. Ini pertama kalinya aku bikin. Biasanya Lala yang menemani Yudhis membuat papercraft.

Awalnya aku bikin papercraft bersama Tata (5.5), tapi dia ternyata masih kesulitan untuk memotong dengan rapi. Padahal, materinya kecil-kecil sehingga kalau guntingannya tak rapi sedikit saja akan kelihatan. Kemudian Yudhis bergabung. Dia membuat bagian bawahnya, sementara aku membuat atapnya.

Karena kepanasan, Yudhis tak mampu bertahan lama. Dia berhasil menyelesaikan bagian bawah, tapi tak terlalu rapi karena buru-buru pengin selesai. Sementara bagian atap yang kukerjakan ternyata tak semudah yang kuperkirakan. Ada bagian-bagian yang terlalu kecil sehingga sulit dilipat dan ditempel. Dibutuhkan ketekunan ekstra untuk melakukannya dan kali ini aku belum berhasil, he..he.. Jadinya aku lewati bagian ornamen kecil-kecil yang sebenarnya bagus itu.

Overall, papercraft rumah Batak Toba ini keren. Terima kasih mas Julius.

Lain waktu, mudah-mudahan mas Julius bisa membuat materi yang komponennya agak besar dan tak terlalu rumit. Supaya pemula papercraft seperti aku bisa mengerjakan. Juga, supaya anak-anak tetap semangat bikin papercraft dan tidak berhenti di tengah jalan karena kesulitan.

Download: Papercraft Rumah Batak Toba
Download: Papercraft Jam Gadang Padang

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Trackbacks

  1. [...] mas Julius, walaupun kami sudah pernah melakukan kerjasama membuat papercraft Rumah Tongkonan, papercraft Rumah Batak Toba dan papercraft Jam [...]

Tinggalkan komentar Anda

*