OFEST (OASE Festival) – Festival Anak-anak Homeschooling

Tahukah Anda bahwa anak-anak homeschooling juga bisa belajar berorganisasi layaknya anak-anak sekolah? Kuncinya adalah inisiatif orangtua untuk merancang kegiatan bersama sesama praktisi di komunitas homeschooling.

OASE Eksplorasi

Tahun lalu, anak-anak remaja homeschooling yang tergabung dalam Pramuka OASE mengadakah kegiatan OASEksplorasi.

OASEksplorasi adalah kegiatan ekspedisi, petualangan belajar ke luar kota yang dilakukan secara mandiri selama beberapa hari, tanpa orangtua, menggunakan kendaraan umum, menginap di rumah penduduk, melakukan riset, dan tanpa gawai (gadget).

Sebelum melakukan OASEksplorasi, anak-anak melakukan persiapan dan latihan selama kurang lebih 4 bulan melalui aneka kegiatan.

Dalam OASEksplorasi 2016, anak-anak dibagi dalam 2 kelompok, Jahe & Kunyit. Mereka melakukan perjalanan ke Bandung (3 hari) dan Yogyakarta (7 hari).

Cerita & dokumentasi tentang OASEksplorasi 2016:

OFEST – Festival Homeschooling

OASEksplorasi 2016 memberikan banyak pencerahan dan transformasi pada anak-anak. Mereka menjadi lebih percaya diri serta belajar berbagai hal tentang kehidupan. Oleh karenanya, mereka menginginkan diadakan lagi kegiatan Eksplorasi di tahun 2017.

Menjawab permintaan anak-anak, para orangtua kemudian menantang mereka untuk mencari dana sendiri guna membiayai kegiatan eksplorasi. Jadilah mereka berdiskusi dan kemudian merancang kegiatan fundraising yang dinamakan: OFEST 2017 (OASE Festival 2017).

Melalui OFEST, anak-anak homeschooling usia 11-16 tahun ini belajar berorganisasi dan menyiapkan sebuah event. Mereka merancang acara, membuat logo, materi promosi, video, membuat website, menerima pendaftaran, mencari pembicara, dan sebagainya. Beberapa orangtua membimbing mereka dengan menjadi mentor kegiatan.

ACARA OFEST 2017

Acara yang akan diselenggarakan dalam OFEST antara lain:

  • Sharing tentang persiapan dan kegiatan OASEksplorasi 2016
  • Drama musikal anak-anak OASE Junior & OASE Siaga
  • Seminar tentang “Pemanfaatan Perjalanan sebagai Kegiatan Belajar”
  • Workshop membuat komik strip & teknik dasar fotografi
  • Pojok boardgame & bazar

Waktu: Sabtu, 16 September 2017

Tempat: Museum Bank Mandiri, Jakarta

Kegiatan ini untuk UMUM.

Biaya: Rp 100 ribu/orang (anak usia>6 tahun membayar penuh) untuk makan siang, snack, dan mengikuti seluruh rangkaian acara OFEST.

***

DAFTAR YUK!

Apakah Anda ingin belajar tentang praktek pembelajaran dalam homeschooling? Apakah Anda ingin bertemu dan mengobrol dengan para praktisi homeschooling? Apakah Anda ingin melihat para remaja homeschooling yang sedang belajar berorganisasi dan membuat event?

Jika IYA, silakan mendaftar mengikuti kegiatan OFEST 2017.

Pendaftaran OFEST 2017 dibuka mulai Senin, 4 September 2017 pukul 10.00 WIB.

TEMPAT TERBATAS, hanya 200 orang. Pastikan Anda menjadi salah satu diantaranya!

Informasi selengkapnya & pendaftaran:

http://ofest.kluboase.com/

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close