OFest, Ajang Remaja Homeschooling Belajar Berorganisasi

Sabtu, 16 September 2017, para remaja homeschooling yang tergabung dalam Pramuka Penggalang OASE menyelenggarakan OFest (OASE Festival) di Museum Bank Mandiri, Jakarta.

OFest merupakan ajang penggalangan dana (fundraising) bagi mereka untuk melakukan perjalanan OASEksplorasi 2017.

OASEksplorasi adalah perjalanan petualangan mandiri ke luar kota, tanpa orangtua, naik kendaraan umum, tanpa gadget, untuk melakukan sebuah tujuan tertentu. Tahun 2016, OASEksplorasi dilakukan ke Bandung dan Yogyakarta, dengan tujuan melakukan riset tentang asal-usul bahan pangan yang dimakan sehari-hari.

Dalam OFest, ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan, antara lain:

  • Sharing pengalaman OASEksplorasi 2016 bersama Kak Shanty (mentor) dan para Eksplorer
  • Pentas drama musikal OASE Junior
  • Pentas drama musikal OASE Siaga
  • Pertunjukan Wushu
  • Seminar “Memanfaatkan Perjalanan sebagai Sarana Belajar”
  • Workshop Membuat Comic Strip
  • Workshop Basic Photography
  • Boardgame Corner
  • Mini Eksplorasi

Latar Belakang OFest

Kegiatan OFest terlahir atas ide para Pramuka Penggalang OASE yang mendapatkan tantangan untuk mencari dana sendiri guna perjalanan OASEksplorasi 2017 yang akan mereka jalani.

Dengan bimbingan para mentor (Kak Shanty, Kak Lala, dan Kak Opal), para remaja homeschooling ini mengorganisir diri dan belajar menyelenggarakan event.

Selama beberapa bulan, mereka belajar mulai diskusi menentukan konsep kegiatan, hingga eksekusi; mulai pencarian gedung, membuat dekorasi, merancang acara, mencari pembicara, membuat logo, membuat website, melakukan promosi, menerima pendaftaran, mengurusi konsumsi, dan logistik hari serta menjalankan semua kegiatan pada hari H.

Selain belajar bertanggung jawab menyelesaikan tugas masing-masing, para panitia ini belajar untuk berkoordinasi dengan teman-temannya.

 

OASEksplorasi 2017

Dengan selesainya OFest bukan berarti proses mereka selesai. Para remaja homeschooling itu sekarang melanjutkan proses dengan menyiapkan diri untuk OASEksplorasi 2017.

Untuk OASEksplorasi 2017, para remaja homeschooling ini merencanakan pergi ke pulau. Selain bersiap menjadi panitia untuk perjalanan mandiri diantara mereka sendiri, setiap anak belajar merancang dan menyiapkan diri untuk membuat output yang akan mereka hasilkan sebagai buah OASEksplorasi 2017.

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close