#OaseFieldtrip: Museum Kepresidenan & Kebun Raya Bogor

Rabu (24/8/2016), Klub Oase mengadakan kegiatan fieldtrip untuk anak-anak nggak sekolah formal alias homeschooling. Kegiatan ini dilakukan berdasar prinsip kerelawanan dan diikuti anak-anak serta para orangtua. Koordinator untuk kegiatan fieldtrip kali ini adalah Greysia Junus & Nuni Amaliah.

Ada 3 agenda utama dalam fieldtrip kali ini, yaitu kunjungan ke Museum Kepresidenan Bogor atau biasa disebut Balai Kirti, Museum Zoologi dan Balai Konservasi yang berlokasi di areal Kebun Raya Bogor. Peserta kegiatan ini sekitar 180 orang.

KlubOase-BalaiKirti
Balai Kirti: Museum Kepresidenan Bogor

Tujuan pertama #OaseFieldtrip adalah Balai Kirti (Museum Kepresidenan) yang juga merupakan bagian dari Istana Kepresidenan Bogor. Museum Kepresidenan ini mulai ada dan diresmikan pada era presiden SBY.

Para peserta fieldtrip berkumpul sejak pukul 08.00 langsung di depan Istana Kepresidenan Bogor. Kami sekeluarga berangkat dari rumah pukul 06.00 naik kereta api dari stasiun kereta Tebet. Perjalanan relatif lancar karena belum terkena kepadatan pekerja yang berangkat kantor. Dari stasiun Bogor, kami berjalan kaki menuju Istana Kepresidenan Bogor yang lokasinya di seberang SMA 1 Bogor, tepatnya di sebelah Gereja Zebaoth Bogor.

Setelah melalui pemeriksaan petugas keamanan, rombongan fieldtrip yang dibagi dalam 5 kelompok mulai masuk satu-persatu ke Museum Kepresidenan.

Museum Kepresidenan atau Balai Kirti memiliki bangunan tiga lantai. Lantai satu dinamakan Galeri Kebangsaan yang berisi sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Lantai dua adalah Galeri Kepresidenan yang memamerkan berbagai koleksi dan informasi penting mengenai karya dan prestasi enam presiden. Sementara lantai ketiga berupa taman terbuka.

Di lantai pertama, ada enam patung perunggu Presiden RI: Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Gus Dur, Megawati, dan Susilo Bambang Yudhoyono. Di Galeri Kepresidenan, banyak koleksi menarik tentang sosok setiap presiden, baik berupa foto maupun karya simbolik yang mencerminkan karya di era setiap presiden.

Museum Kepresidenan ini ditata dengan modern dan menarik. Selain aneka lukisan, patung, karya seni, dan dokumentasi sejarah yang ada di dalamnya, pelayanan yang diberikan oleh para petugas museum terlihat profesional. Mereka melayani pengunjung dengan sungguh-sungguh dan informatif.

Bagi yang ingin berkunjung ke Museum Kepresidenan, Anda harus mengirim email dan mendaftar dulu. Selain itu, jangan lupa untuk datang dengan pakaian rapi (tidak boleh memakai kaos dan celana jeans).

Museum Zoologi di Kebun Raya Bogor

Kunjungan kedua #Oasefieldtrip adalah Museum Zoologi yang berada di area Kebun Raya Bogor. Untuk menuju Museum Zoologi, kita harus masuk dan membayar tiket Kebun Raya Bogor.

Museum Zoologi Bogor memiliki koleksi dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan. Banyak binatang menarik yang ada di Museum Zoologi, diantaranya adalah paus biru (Balaenoptera Musculus) yang termasuk mamalia terbesar di dunia. Paus biru ini ditemukan mati terdampar di pesisir Pameungpeuk, Garut, pada 1916. Dengan ukurannya yang sangat besar, paus biru ini kelihatan menonjol diantara koleksi yang ada di Museum Zoologi Bogor.

Selama di Museum Zoologi, anak-anak dipandu oleh petugas dari museum yang menjelaskan tentang koleksi-koleksi yang ada di sana. Diantara koleksi yang menarik buat Duta adalah burung Kasuari yang telornya sangat besar. Duta membayangkan kalau telor itu digoreng, pasti besar sekali dan memenuhi piring, hehehe…

Belajar bersama Balai Konservasi Bogor

Usai istirahat siang, kegiatan #Oasefieldtrip dilanjutkan dengan kunjungan ke Balai Konservasi Bogor. Lokasinya masih di dalam Kebun Raya Bogor.

Beruntungnya, pemandu acara di Gedung Konservasi bisa membangun suasana yang ceria untuk anak-anak. Padahal acara berlangsung siang hari usai makan siang dan udara di luar sangat panas. Anak-anak yang sudah kelelahan bisa ceria kembali berkat permainan dan tebak-tebakan yang dilakukan sebagai pembuka acara.

Setelah acara di dalam gedung, kegiatan dilanjutkan dengan perjalanan melihat pohon-pohon di Kebun Raya Bogor. Pohon-pohon yang biasanya hanya sekedar tumbuhan yang berdiri ternyata memiliki aneka cerita menarik di baliknya, mulai nama, sejarah, serta keunikan-keunikannya. Pelajaran Biologi yang biasanya tentang hafalan yang tidak menarik menjadi sebuah ilmu yang berkesan berkat cerita kakak pemandu dari Balai Konservasi yang menuturkannya dengan penuh passion.

Ah, alangkah indahnya kalau setiap pengetahuan dipelajari anak-anak dari ahlinya yang bukan hanya menguasai, tetapi mencintai pengetahuan yang digelutinya.

***

Berikut dokumentasi video kegiatan #OaseFieldtrip ke Museum Kepresidenan Bogor, Museum Zoologi, dan Balai Konservasi yang diolah oleh Yudhis.

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Faizah Zuhdi says:

    selamat malam Pak Aar,saya tertarik untuk mendalami homescholing..persiapan untuk anak saya berumur 3,5 tahun..bagaimana cara untuk bergabung dengan komunitas ini untuk mengikuti webinar maupun kegiatan lainnya?terima kasih

Tinggalkan komentar Anda

*

Close