#OaseCodeCamp – Belajar Membuat Game untuk Anak

Salah satu kegiatan Klub Oase term ini adalah #OaseCodeCamp, program belajar membuat game untuk anak-anak. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak homeschooling yang berkegiatan bersama di komunitas homeschooling Klub Oase, minimal usia 9 tahun.

Kegiatan #OaseCodeCamp dilaksanakan selama 4 bulan dalam bentuk hybrid: offline + online. Ada pertemuan sebulan sekali hari Rabu ke-2 setiap bulan. Di luar jadwal itu, ada kegiatan mentoring dan diskusi secara online.

Kegiatan #OaseCodeCamp dipimpin oleh Yudhis (15 tahun). Dia merancang sekaligus mengelola semua proses pembelajaran untuk teman-temannya ini. Dalam praktek, Yudhis dibantu 3 asisten, yaitu Zaky, Andro, dan Tata.

kursus-membuat-game
Silabus Belajar Membuat Game

Silabus #OaseCodeCamp mencakup 4 kegiatan membuat game secara bertahap. Ini silabus kegiatan belajarnya:

Month 1: Belajar Menggunakan Snap!

  • Pertemuan:
    – Apa itu Snap!
    – Kegunaan Snap!
    – Yang akan dipelajari selama tiga pertemuan ke depan
    – Kegunaan belajar coding
    – Membuat game quiz
  • Assignment:
    Belajar Menggunakan Snap! (Tutorial Scratch Beginner)
    Membuat Game Quiz dengan 30 pertanyaan

Month 2: Membuat Game Balapan!

  • Pertemuan:
    – Satu-satu mempresentasikan tugas
    – Belajar tentang Variable dan sprite
    – Membuat game balapan
  • Assignment:
    – Membuat Game balap mobil
    – Membuat Game balap motor
    – Membuat Game balap pesawat

Month 3: Text-Based Adventure Game

  • Pertemuan:
    – Satu-satu mempresentasikan tugas
    – Belajar tentang condition dan if else
    – Membuat game petualangan berbasis text
  • Assignment:
    Membuat Game petualangan berbasis text sendiri
    Menambahkan Gambar untuk setiap dialognya

Month 4: Flappy Bird

  • Pertemuan:
    – Satu-satu mempresentasikan tugas mereka
    – Belajar tentang Variable
    – Menggunakan Sprite
    – Scrolling Animation “Trick”
  • Assignment:
    – Membuat Game Flappy Bird
    – Menggambar Flappy Bird Versi Sendiri
    – Memodifikasi game sesuai keinginan

Belajar melalui Mengajar

OaseCodeCamp-H1

(c) Pras Sarp

Hari Rabu (10/08/2016) merupakan hari pertama #OaseCodeCamp. Kegiatan mengajar ini menjadi proses pembelajaran Yudhis yang kesekian kalinya. Sebelumnya, Yudhis sudah pernah membuat Kelas Minecraft secara online beberapa kali.

Bagi kami, pembelajaran melalui proses mengajar ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan aneka kemampuan anak-anak. Banyak sikap dan keterampilan yang terbangun selama proses belajar melalui mengajar ini, antara lain:

  • belajar melihat gambar besar (merancang silabus)
  • belajar membuat perencanaan & persiapan
  • belajar marketing
  • belajar berkomunikasi secara lisan maupun tulisan
  • belajar menyederhanakan gagasan dan menyampaikannya
  • belajar melayani orang lain
  • belajar tekun, kerja keras serta lentur menghadapi masalah
  • belajar troubleshooting untuk masalah yang muncul di lapangan

Tentu saja, dari sisi konten materi semakin dikuasai karena sebelum mengajar Yudhis harus belajar ulang secara lebih mendalam mengenai materi yang akan diajarkannya.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Ety Prasetya says:

    wah…baru lihat euy, untuk usia berapakah ? masih boleh menyusulkah mas Aar..? gimana kalau mau ikutan? kuotanya apakah masih bisa..? kalau bisa gimana caranya? terimakasih.

  2. Farih Mitraningsih says:

    Mas Aar, jika Yudhis berminat, saya tertarik untuk mengorganizekan code camp di Balikpapan. Transportasi, akomodasi, dll kami siapkan.

    Barangkali saja Yudhis tertarik untuk sekalian education trip ke kota minyak 😀

Tinggalkan komentar Anda

*