Nelayan Miskin dan Ikan Kecil

fishermanSeorang nelayan miskin yang menjalani hidup dari ikan-ikan yang dipancingnya suatu hari bernasib sial dan hampir tak mendapat seekor ikan pun kecuali seekor ikan yang sangat kecil. Nelayan itu hampir saja meletakkan ikan itu di keranjangnya ketika Ikan kecil itu berkata,

“Kasihanilah aku, Nelayan! Berilah aku kesempatan! Aku hanyalah seekor ikan kecil yang tak berharga jika engkau bawa aku pulang. Jika aku sudah lebih besar, tentunya aku dapat menjadi tangkapanmu yang lebih berharga.”

Tetapi Nelayan itu dengan cepat memasukkan ikan itu ke dalam kantongnya.

“Betapa bodohnya aku,” katanya, “kalau aku melemparmu kembali ke sungai. Walaupun kamu kecil, kamu lebih baik daripada tak mendapat tangkapan ikan sama sekali.”

“Keuntungan kecil lebih berharga daripada janji besar.”

Source: Aesop for Children (c) Project Gutenberg

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*