Mural Bersama Mendikbud Anies Baswedan

Dalam rangkaian Pesta Pendidikan yang diselenggarakan selama bulan Mei 2016, ada kegiatan Festival Mural di kantor Kemdikbud. Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin (2 Mei 2016) yang bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional.

Kegiatan Festival Mural ini menjadi bagian dari #BulanDikbud yang dipimpin oleh kolaborasi antara Serrum Studio dan komunitas seni lukis remaja Sorak Suar. Ada 25 tim yang menjadi peserta Festival Mural, salah satunya adalah anak-anak homeschooling yang sering berkegiatan bersama di Rumah Inspirasi – Klub Oase.

Mural-01

Mural: Ekspresi Kreativitas dan Penyampai Pesan

Kegiatan melukis mural ini bukan lomba, tetapi festival. Setiap tim melukis mural sesuai tafsir dan ide mereka terhadap tema Festival Mural yaitu “Pendidikan untuk Saya”.

Menurut rencana yang dibicarakan pada awal rapat Pesta Pendidikan, acara mural bersama digelar tanggal 28 Mei. Tapi dalam perkembangannya, kegiatan dimajukan menjadi tanggal 2 Mei.

Dari Rumah Inspirasi – Klub Oase ada Zaky Mubarak dan Tata, plus Husayn yang ikut bergabung pada hari-H. Anak-anak ini sebelumnya belum pernah membuat mural. Kegiatan dalam Festival Mural ini adalah proses belajar sekaligus pengalaman mereka melukis di atas “kanvas” yang lebar dengan media cat tembok.

Supaya tidak mulai dengan kosong, sebelum melukis mural Zaky mendapat masukan dari mas Deni (kakaknya), Tata mendapatkan bimbingan dari Lala. Proses perancangan mural juga dilakukan melalui diskusi via Facebook Messenger sehari sebelumnya.

Ternyata anak-anak beradaptasi dengan cepat. Walaupun peserta lain rata-rata lebih besar, anak-anak ini tidak merasa minder. Mereka menikmati saja proses dan pengalaman pertama melukis mural mereka.

Dan inilah hasil mural Zaky, Tata, dan Husayn:

Mural-02

Goresan Mural Mendikbud Anies Baswedan

Mural-03

Dalam Festival Mural ini, Mendikbud Anies Baswedan yang hadir dan memberikan semangat pada anak-anak juga didaulat untuk menggoreskan tinta di kanvas.

Mendikbud Anies Baswedan menggambar anak panah ke atas dan menuliskan: “Tinggikan mimpimu, lalu lampaui mimpi-mimpimu”

Gambar Mendikbud Anies Baswedan kemudian diteruskan menjadi mural.

***

Dimulai pukul 09.00, kegiatan mural bersama berakhir pukul 13.00. Hasil mural 25 tim ini dipamerkan di kantor Mendikbud dan bisa dilihat oleh umum.

Mural akan dipamerkan kembali di Mall FX pada acara puncak dan sekaligus penutupan kegiatan Pesta Pendidikan 2016.

 

#BulanDikbud #PestaPendidikan #FestivalMural #RumahInspirasi #KlubOase

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close