Mulai 2014 Tak ada Ujian Nasional dan Tinggal Kelas di SD

Mulai tahun 2014, tak ada lagu Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Dasar. Yang ada adalah ujian sekolah yang materinya 25% dari pemerintah pusat dan 75% dari sekolah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota.

Materi ujian yang diujikan untuk SD adalah matematika, bahasa Indonesia dan IPA.

exam

(c) kaykaynewman.wordpress.com

Kapan ujian SD, SMP, SMA tahun 2014 diadakan?

Jadwal ujian SD tahun 2012 akan diselenggarakan pada 19-21 Mei 2014.

Sementara itu, Ujian Nasional SMA/MA/SMALB/SMK dan Paket C akan dilaksanakan pada 14-16 April 2014. Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB dan Paket B akan diadakan pada 5-8 Mei 2014.

Tak ada tinggal kelas di SD

Satu hal baru yang juga diangkat dalam berita mengenai kurikulum 2013 hari ini adalah bahwa penilaian rapor di SD tak lagi berbentuk angka, tetapi deskripsi.

Anak-anak SD juga tak ada yang tinggal kelas. Bagi yang belum memahami, mereka akan mendapat remedial dan tetap naik kelas.

***

Berita ini sebenarnya bukan baru. Aku pernah menuliskannya di Rumah Inspirasi tentang penghapusan ujian SD ini pada bulan Mei berdasarkan turunnya Peraturan Pemerintah no 32/2013.

Hanya saja, pada waktu itu dibantah oleh Mendikbud. Tetapi yang sekarang sudah menjadi pernyataan resmi Dikbud.

Penghapusan UN tingkat SD ini merupakan konsekuensi dari program wajib belajar 9 tahun yang dicanangkan pemerintah. Jadi, seluruh anak Indonesia diharapkan semuanya menyelesaikan pendidikan hingga tingkat SMP.

Lalu bagaimana untuk anak homeschooler?

Logikanya, kalau anak SD tak ada UN, maka secara otomatis Ujian Paket A juga tidak ada. Yang ada adalah ujian akhir yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan non-formal (PKBM, SKB).

Tapi sampai saat ini belum ada kabar tentang hal ini. Kita sama-sama tunggu saja ketentuannya dari Dikbud.

IMHO, aku berharap ujian hanya ada di tingkat SMA, saat anak akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Jadi, prosesnya mirip Ujian Cambridge yang hanya terjadi pada O Level atau A Level. Dan, ujian itu tak mensyaratkan jenjang-jenjang sebelumnya sehingga memangkas birokrasi yang tak perlu. Ujian di tingkat SD dan SMP bersifat optional (pilihan). Asal anak siap, maka mereka bisa ikut ujian SMA.

 

Sumber berita:

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Mau tanya PKBM , SKB itu apa ya? Terima kasih

  2. Wah, akhirnya. Di sekolah tempat saya mengajar dahulu sudah lama menerapkan rapor deskripsi tanpa nilai dan tidak ada yang tinggal kelas πŸ™‚

    • Gak bagus juga ntr akan banyak anak2 Sma yang blum bisa matematika dasar karena pasti lulus jadi buat mrk malas belajar. Sgt bahaya untuk masa depan Indonesia.

  3. Semoga dengan perubahan tanpa unas ini tidak menyurutkan niat belajar anak. Dan semoga pula penerimaan masuk SMP tidak di persulit/sehingga sekolah2 SMP sepertinya mengkomersilkan diri pada setiap penerimaan siswa baru. Semoga bisa mengutamakan tujuan mencerdaskan semua anak bangsa,apapun asal nilai kelulusan SDnya.

  4. nina rusmiati says:

    Apakah HS cuma buat org2 kaya? Apakah HS biayanya mahal?

  5. positif ga ada uan ni?

  6. Jika Benar…..bagus lah…

  7. Apa benar sudah berlaku pak untuk sistem penilaian tidak dengan angka ? Kan tidak semua sekolah memakai kurikulum 2013? Sekolah anak saya di sdsn jakarta masih pakai buku ktsp 2004 dr kakak kelas, dan nilai raport masih berbentuk angka kok pak he..he.. O I ya apa sistem sdsn beda dengan sd reguler? Karena sdsn mengikuti peraturan pemerintah pusat dan provinsi??? Saya jadi bingung?? Mohon bantuan pencerahan πŸ™‚

    • Yang saya tahu, ini adalah bagian dari kurikulum 2013. Prosesnya bertahap, mengikuti implementasi Kurikulum 2013. Kalau sekolahnya sudah menggunakan Kurikulum 2013, nanti sistem penilaiannya juga bergeser menjadi deskriptif, bukan angka lagi.

  8. Informasi yang sangat bermanfaat bos. terimakasih \. semoga kebijakan ini memberi ruang lebih luas untuk pengembangan pendidikan yang sebenarnya,

  9. Roni Suarez says:

    thanks,,, tas infona_ tp klo emang udah fix di ganti US/M_ alangkah bgusnya sekalian buat POS US/M nya biar lebih jelas lagi jadwal & plaksanaanya****

  10. syarifulloh says:

    tidak masalah ada ujian nasioanl untuk mengukur kemampuan siswa, tetapi berapapun hasilnya tidak mempengaruhi kelulusan siswa. dan yang terpenting kelulusan ditentukan oleh masing-masing sekolah. karena hanya sekolah itu sendiri yang tahu keadaan siswanya.

  11. Met malam pak, saya mau tanya untuk kelas 1, 2, dan 3 pada tahun 2014 ini menggunakan kurikulum apa? sebab saya di wajibkan menyusun Silabus dan RPP untuk Praktek mengajar di SD.

  12. Maaf,apa pengganti surat kelulusan dari SD? Apakah dengan ditiadakannya UN SD berarti ijazah juga tidak ada? Makasih.

    • UN tidak ada, tetapi ujiannya di tingkat sekolah jadi tetap ada penilaian utk lulus SD. Setahu saya ijazah tetap ada, dikeluarkan oleh sekolah.

    • Ijazah dan tanda kelulusan yg dikeluarkan sekolah tetap ada. Ujiannya dilakukan sekolah.

  13. pak aar, jadi pd tahun 2014 ini u anak saya yg pun ga ada UN ya? ga perlu ujian paket A ya pak ? dia sekolah di homeschooling group, jd mekanisme kelulusannya dari sekolah , betul begtu pak?

  14. Muhammad wahyu says:

    ass.. jadi gimana dengan UN di sma dan sederajat apakah di hapuskan jg.. terima kasih sebelumnya πŸ™‚

  15. O level dan A level itu apa?

    • O Level dan A (Advanced Level) adalah tingkatan ujian di Cambridge. O level kurang lebih setara kelas 10. A level kurang lebih pre-university.

  16. Andre prayoga says:

    munkin ini tidak ada ujian nasional?

  17. iis juita says:

    anak saya baru mau masuk SD,klo memang ga ada UAN smoga tak menjadikan org tua tenang2 aja karena berpikir pasti naik kelas.informasi yg sangat berguna…smoga para guru bisa mengikuti kurikulum baru ini…dan anak2 ttp smangat belajar

  18. Pak, selain US/M 3 mata pelajaran (MTK, IPA, BI) apakah ada ujian untuk mata pelajaran yang lain? dan kapan waktunya (apakah ada jeda waktu atau langsung US/M selesai).
    Terimakasih.

  19. Liza Nuning says:

    Pak, apa benar US SD jadi 7 mata pelajaran? Anak saya dan teman temannya sedang bertanya tanya. Tolong dijawab segera. Terima kasih.

  20. deni surahman says:

    Mantap emang seharusnya wajib belajar 9 tahun tidak perlu ada ujian nasional. dan setiap anak bangsa adalah tanggungan negara untik memperoleh pendidikan yang baik – murah – kopetitif sehingga hak hak warga negara terpenuhi, walaupun belum sempurna, kami sebagai salah satu anak bangsa sangat mendukung tidak adanya ujian Nasional.

  21. artika putri says:

    saya kelas 2 SMA dan baru angkatan adik kelas saya yang mengikuti K13 namun yang kelas 2 juga harus menyesuaikan dengan K13. apalagi dengar-dengar ujiannya itu kelas 2.
    pertanyaan saya apakah yang kelas 2 juga ikut ujian pada kelas 2 ini ? jadi bareng dengan kakak kelas ?

    mohon jawabannya dan luruskan presepsi anak-anak yang memandang negatif K13. terima kasih….

  22. Pak Aar, anak saya kelas 2 SMA/ kls XI, apakah tahun ini diikutkan UN? Seandainya iya dan lulus UN apakah di tahun itu juga bisa langsung kuliah? Trims.

  23. Selamat sore Pak Aar..maaf ingin menanyakan pak usia anak saya sdh 11 thn rencananya tahun depan akan diikutsertakan untuk UN SD. namun membaca artikel bpk apakah benar dihapuskan pak? dan bila kita ingin melanjutkan ke jenjang setara SMP apakah tdk perlu melalui ujian paket A lagi? dan maaf pak Aar apakah berkenan di share pak bagaimana kira2 rencana untuk mengambil ujian paket A oleh putri pak Aar, mba Tata krn saya baca sepertinya usia mba Tata mirip dengan anak saya. sekali lagi mohon maaf bila pertanyaan saya kurang berkenan. terima kasih pak Aar

    • Untuk pendaftaran Ujian Paket A harus setahun sebelumnya (saat ini pendaftaran sudah ditutup). Tata belum ujian tahun depan karena usianya belum genap 12 tahun saat ujian Paket A dilangsungkan.

      • terima kasih pak Aar atas jawabannya, maaf pak apakah untuk mengikuti ujian paket A usia anak perlu genap 12 tahun dahulu? Dan untuk pendaftaran Ujian paket A biasanya dimulai pada bulan apa ya pak Aar dan bagaimana ya pak cara mendaftarkan anak untuk mengikutinya? krn saya coba menanyakan ke salah satu PKBM dan jawabannya untuk bisa mengikuti ujian paket A 2016 paling lambat pendaftaran bulan januari 2016 krn ujian diadakan bulan april 2016. mohon bantuan dan masukan pak Aar krn saya masih agak kebingungan dengan paket ujian tsb. terima kasih

Tinggalkan komentar Anda

*

Close