Merefleksikan Homeschooling Tata

Proses homeschooling Tata (9 tahun) sepanjang 2013 terus berkembang, walaupun relatif tenang. Tak ada program-program khusus yang kami rancang untuknya, tetapi puji syukur proses kegiatannya tetap berlangsung penuh kegembiraan setiap hari.

Kadang aku merasa agak kurang enak kepada Tata, seolah kurang memprioritaskan dia karena fokus pada Yudhis yang sedang bertumbuh remaja dan Duta yang masih sangat membutuhkan pendampingan. Mungkin ini fenomena anak tengah ya?

Tata sih tidak komplain, tetap menjadi anak yang baik dan menyenangkan. Dia tetap menemani dan mengajak Duta bermain setiap hari. Justru karena kebaikannya itulah yang sering membuatku merasa bersalah kepadanya. Dia sepatutnya mendapatkan perhatian yang lebih karena aku tak ingin ada anak yang merasa mendapat perlakuan tidak adil dibandingkan saudara-saudaranya.

TataDraw
Naik ke Kelas 5

Dari proses belajar matematika di IXL Math, Tata naik ke kelas 5. Sekarang, setiap hari Tata mengerjakan matematika kelas 5 di IXL Math.

Selain belajar matematika di IXL Math, setiap hari Tata juga belajar bahasa Inggris di iTooch.

Menggambar dan Berkreasi

Kesukaan Tata adalah bikin-bikin alias berkreasi. Tata suka menggambar dan membuat keterampilan dari bahan apapun. Dari bahan-bahan yang ada di rumah, dia bisa berinisiatif membuat apapun.

Kuncinya adalah: jangan disuruh. Soalnya begitu ada perintah, maka Tata seperti kehilangan ide dan “magic charm”-nya. Dia tipe seniman yang agak susah dikasih tahu dan berkembang luas saat diberikan ruang kebebasan yang luas.

Dalam proses pembimbingan Tata, kami masih terus mencari formula yang tepat. Pada satu sisi, kami tahu kebutuhannya akan ruang yang luas untuk kreativitas. Tapi pada sisi lain, kami merasa bahwa Tata perlu juga belajar menerima feedback dan direction agar kualitas diri dan karyanya semakin meningkat.

Untuk kegiatan belajar menggambar Tata, kami mengikutkan Tata pada kelas online Mark Kistler. Seminggu sekali Tata mengikuti live class bersama Mark Kistler. Di luar itu, setiap waktu Tata belajar menggambar melalui rekaman-rekaman kelas Mark Kistler yang terdahulu.

 

Inisiatif yang Tiada Henti

Kekuatan Tata adalah inisiatif dan kelapangan hatinya. Inisiatif itu bisa sangat mengejutkan, misalnya Tata belajar membuat sendiri blog di Blogger dengan panduan tutorial dari Digital Mommie. Dia berhasil membuat blog dan kemudian mengisinya dengan materi-materi yang diinginkannya.

Hasilnya adalah blog: Tata Project dan Tata Draw  yang sepenuhnya dibuat oleh Tata tanpa campur tangan sedikit pun dari kami. Kami juga sama sekali tak mengomentari desain dan isi blog yang dibuat Tata dengan penuh kebanggaan dan kepercayaan diri. Blog-blog ini menjadi tambahan blog Dunia Tata tempat Tata sebelumnya mengumpulkan portofolio dan membuat cerita-cerita.

Inisiatif lain Tata yang sangat kami apresiasi adalah kelapangan hatinya untuk selalu menemani Duta bermain. Begitu kegiatan belajarnya selesai (biasanya saat makan siang), Tata menjadi teman Duta melakukan kegiatan apapun, mulai bermain lego, membuat craft, mengobrol, berkejar-kejaran, menonton dan sebagainya.

Hampir sepanjang waktu Tata dan Duta mengobrol sambil tertawa-tawa. Mereka terus mengobrol dalam bahasa Inggris. Kami tak menyuruh ataupun melarang mereka bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.

Dokumentasi yang Lebih Baik

Tak ada rencana khusus untuk Tata di tahun 2014. Salah satu tugas kami adalah mendokumentasikan karya-karya Tata dengan lebih baik. Untuk kegiatan belajar, jika ada rezeki aku punya keinginan untuk mengirim Tata les robotik untuk menyalurkan kreativitasnya sekaligus sebagai sarana belajar sains untuknya.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close