Menikmati HelloFest 9 – Indonesian Motion Picture Arts Festival

hellofest14Hari Minggu, 10 November 2013 aku & mas Aar mengantar anak-anak nonton HelloFest Anima Expo 2013. Hellofest ke-9 yang berlangsung sejak Sabtu (9 Nov 2013) ini menampilkan beragam pertunjukan, perlombaan, penjualan aneka produk kreatif, mulai dari gambar, animasi, kostum hingga film pendek.

Membawa anak-anak ke acara budaya pop (pop culture) semacam ini bagi kami adalah bagian dari proses mengenalkan berbagai wajah dunia kepada mereka. Selain mengenalkan budaya pop yang sudah menjadi santapan mereka sehari-hari, kami juga mengekspos mereka ke dunia-dunia lain, seperti budaya klasiktradisionalkontemporer, dan lain-lain.

Acara HelloFest ke-9 berlangsung di Kompleks Kolam Renang GBK Senayan Jakarta. Acara ini ternyata mampu menyedot ribuan pengunjung yang memadati tempat acara dan diramaikan oleh ratusan peserta kostumassa dengan kostum terbaiknya. Festival ini juga dimeriahkan dengan penjualan aneka produk mainan jepang, baju, kerajinan, boneka dan lain-lain.

Sebenarnya hari ini banyak acara bagus lain yang ingin kami datangi seperti acara Pasar Desain di Grand Indonesia dan Festival Desa di Ragunan. Dua acara itu menurut kami sama-sama kuat dan bagus. Sayangnya waktunya bentrok dengan HelloFest yang sudah terlanjur dinanti anak-anak sejak kepergian mereka ke HelloFest tahun lalu.

***

tiket HelloFest9

tiket HelloFest9

Berbeda dengan tahun lalu dimana aku lebih banyak menentukan akan pergi ke mana, tahun ini anak-anak sudah beranjak remaja. Merekalah yang kini kami minta untuk berdiskusi & menentukan sendiri mau pergi melihat apa saja, urutannya bagaimana sampai jam berapa.

Sebelum berangkat, anak-anak mengunduh & mencetak peta serta daftar acara HelloFest 9. Dari situ mereka belajar merencanakan, kapan bagusnya kita berangkat dan rencana urutan tempat/acara yang akan didatangi. Mereka juga menyiapkan bekal cemilan & minuman supaya lebih hemat.

Yudhis & Tata tambah semangat pergi ke acara HelloFest karena ada Abby yang sedang menginap di rumah.

***

20131111-210344.jpgTokoh pertama yang mereka temui di depan arena HelloFest adalah Ksatria Baja Hitam di atas sepeda motornya. Waaa, aku langsung ingat Andit adikku yang waktu kecil sukaaaa banget nonton film ini.

Festival ini sangat khas karena panitia juga  memberikan “saran” bagaimana sebaiknya cara berpakaian di HelloFest untuk melengkapi para peserta kostumassa yang pasti seru dandanannya. Jadi kebayang dong betapa senangnya anak-anak melihat aneka kostum yang dipakai oleh peserta HelloFest ini.

hellofest01hellofest02 hellofest03hellofest04 hellofest05hellofest06 hellofest07hellofest08 hellofest09hellofest10 hellofest11hellofest12

***

Tak hanya menikmati peserta berkostum, Yudhis-Tata-Abby juga menikmati aneka acara di area teater. Sayangnya beberapa AC di dalam tenda tidak menyala sehingga suasana di dalam tenda-tenda yang ada di HelloFest terasa sangat panas, jauh lebih panas dibanding udara luar. Hal ini sangat disayangkan, karena aku melihat banyak make-up peserta yang lumer oleh keringat. Kebayang dong sedihnya, udah dandan abis-abisan, eeeh… keringetan trus make-upnya pada luntur.

Padahal dari sisi lokasi, menurutku HelloFest 9 ini lebih bagus dibanding tahun lalu. Tempat yang luas dengan banyak ruang terbuka membuat  ribuan orang yang datang punya tempat cukup nyaman berjalan hilir mudik, bahkan untuk duduk leyeh-leyeh di rerumputan.

Tahun lalu, untuk berjalan dari satu tempat ke tempat lain saja rasanya susah dan berdesak-desakan. Pada waktu itu, untuk menikmati takoyaki saja kami harus duduk nyempil dan sama sekali tidak nyaman. Tahun ini rasanya jauh lebih nyaman. Sambil menunggu Yudhis-Tata-Abby menikmati festival, aku-Duta-masAar bisa duduk santai di bawah pohon.

20131111-210419.jpgSelain masalah AC di dalam tenda, masalah lain yang menurutku perlu lebih dipikirkan panitia adalah terbatasnya tempat sampah sehingga sampah berceceran di mana-mana. Sedih banget deh lihatnya 🙁

Mungkin tahun depan pihak panitia bisa menggandeng teman-teman dari Jirowes untuk bisa membuat program khusus antisipasi sampah yang berceceran di mana-mana.

hellofest13Di luar dua masalah itu, menurutku acara HelloFest 9 sukses! Harus diakui aku termasuk generasi yang tumbuh dengan kesukaan kepada produk anime Jepang. Jadi aku pribadi menikmati festival ini. Apalagi kalau sambil duduk santai di bawah pohon makan hotdog yang besar ini.. Hmmmmm…. nyamnyamnyam. Inniii baru festival 😀

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Tinggalkan komentar Anda

*