Mempraktekkan hukum utama

Karen Armstrong

Ada sebuah presentasi yang sangat menarik dari Karen Armstrong di TED Conference. Karen Armstrong adalah seorang ahli sejarah agama yang telah menuliskan banyak buku inspiratif, seperti History of God (Sejarah Tuhan), Great Transformation, Perang Suci, Muhammad, Buddha, Through the Narrow Gate, dll. Aku suka membaca karya-karyanya yang jernih dan empatik.

Dalam presentasinya di TED, Karen Armstrong berbicara tentang pentingnya bagi kita semua untuk menyebarkan golden rule, sebuah ajaran yang ada di semua agama, yaitu “Perlakukan orang sebagaimana engkau ingin diperlakukan”.

Pesan itu kelihatannya sederhana. Tetapi, aku setuju bahwa pesan yang sederhana ini memiliki kekuatan luar biasa. Seperti yang dikatakan Paulo Coelho,”The simple things are also the most extraordinary, but only the wise can see them”.

Di tengah banyaknya konflik antara berbagai kelompok, di tengah banyaknya keinginan untuk menuntut orang lain melakukan sesuatu, pesan ini adalah sebuah pintu bagi kita untuk berefleksi. Mari kita memfokuskan hati, pikiran dan tindakan kita pada kemampuan kita melakukan hal-hal baik kepada orang lain. Mari memperlakukan orang lain dengan adil, kendatipun kita tidak suka atau menganggap orang itu sebagai musuh.

Video ini ada subtitle dalam bahasa Indonesia-nya. Ada juga transkrip pidatonya yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Linknya ada di SINI:

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Trackbacks

  1. […] This post was mentioned on Twitter by rumah inspirasi, Mira Julia. Mira Julia said: Mempraktekkan hukum utama http://goo.gl/fb/cJiVC […]

Tinggalkan komentar Anda

*

Close