Memilih laptop kelas netbook atau notebook?

axioo-picoMemenuhi permintaan mbak Devi, saya tuliskan beberapa tips yang biasanya saya gunakan ketika membeli laptop.

Yang pertama harus kita definisikan adalah rencana penggunaan laptop. Laptop itu akan kita gunakan untuk apa? Kita tidak bicara mengenai keinginan karena kita pasti ingin menggunakan laptop itu untuk segala hal, mulai mengetik, presentasi, main game, mengolah foto, memutar film, internetan, bikin video, dan sebagainya. Kalau memang yang diinginkan laptop multi fungsi seperti itu, kita harus siap dengan spesifikasi dan budget yang besar. Tapi kalau budget kita terbatas, kita harus lebih cermat menentukan prioritas fungsi laptop yang akan kita beli.

Apakah untuk perjalanan/presentasi (pemakaian ringan), pekerjaan mengetik/kantor/sedikit grafis (pemakaian sedang), pekerjaan pengolahan grafis/audio/video (pemakaian berat).

1. Netbook untuk perjalanan dan pekerjaan ringan
Untuk pemakaian ringan, netbook mungkin mencukupi. Keunggulan/kekuatan dari netbook adalah bentuknya kecil dan ringan. Karena ringan, netbook enak dijinjing dan dibawa untuk perjalanan. Netbook cocok untuk komputer kedua, sebagai alat untuk presentasi atau bekerja sementara. Dengan spesifikasi yang sederhana, harga netbook relatif murah. Untuk highend netbook harganya sekitar Rp 6 juta dan terus turun. Bahkan, pada saat tulisan ini dibuat (Agustus 2009) sudah ada netbook dengan spesifikasi lumayan dengan harga di bawah 4 juta.

Kekurangan dari netbook adalah spesifikasi prosesornya yang rendah. Konsekuensinya, netbook tidak cocok untuk pekerjaan-pekerjaan berat seperti pengolahan grafis yang intensif atau pekerjaan-pekerjaan pengolahan audio dan video.

Bagi pembeli netbook, be realized bahwa di netbook tidak ada CD/DVD. Jadi, kita tidak bisa menginstal software dari CD/DVD dan juga tidak bisa memutar film menggunakan CD/DVD. Installernya menggunakan sistem download dari Internet (itulah sebabnya dinamakan netbook). Kalau mau DVD writer, kita harus membeli DVD writer eksternal.

Netbook juga memiliki ukuran layar kecil. Ada dua versi layar, yaitu 9” atau 10”. Versi 10” lebih baru dan lebih nyaman untuk mata. Satu hal juga yang perlu diperhatikan ketika memilih netbook adalah ukuran papan ketik (keyboard). Beberapa netbook memiliki ukuran keyboard yang kecil, yang tidak nyaman digunakan untuk mengetik (apalagi kalau jari tangan kita besar). Cobalah untuk mengetik dan menggunakan keyboardnya sebelum Anda memilih netbook Anda.

2. Notebook untuk pemakaian standar
Untuk pemakaian standar, notebook low-end sudah mencukupi. Notebook low-end adalah notebook yang didesain untuk pemakaian pekerjaan kantor dan pengolahan data grafis ringan-sedang.

Biasanya, notebook ini dikenali dengan spesifikasi standard; ukuran layarnya 13”-15”. Prosesornya adalah yang sedang populer/mainstream (saat ini adalah kelas Intel dualcore atau core2duo), RAM standar 1-2GB, dan memori grafis 128-512GB. Yang membedakan dengan high end notebook, pada notebook standar biasanya memori RAM-nya tidak dapat diexpand (atau bisa diexpand tetapi terbatas), memori grafisnya berbagi (shared) bukan khusus (dedicated). Rentang kisaran harga untuk kategori ini sekitar Rp 6-10 juta.

3. High end notebook untuk pemakaian berat
Jika pekerjaan kita dengan laptop adalah kelas berat, banyak mengolah grafik, video, atau musik; maka kita harus mempertimbangkan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari notebook standard. Pada kategori ini, biasanya memori grafiknya adalah dedicated. Semakin tinggi spesifikasi memori grafis, semakin bagus performa grafisnya (biasanya juga semakin mahal).

Selain jenis prosesor dan kualitas memori grafis serta soundcard yang digunakan, yang perlu diperhatikan lagi adalah fleksibilitas upgrade memori RAM. (Ada berapa keping memori, ada berapa slot yang tersedia, ketersediaan jenis RAM yang digunakan).

Begitulah kira-kira informasi mengenai laptop yang saya ketahui. Semoga bermanfaat.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. wah..makasih banyak ya mas Aar…membantu banget nih artikelnya…

Tinggalkan komentar Anda

*