Membuat Tata Surya

Semalam Yudhis mengikuti kelas membuat tata surya di secondlife dengan Ms. Ines Ogura sebagai gurunya. Kelas dibagi menjadi 3 tingkat berdasarkan umur dan tingkat kesulitan. Yudhis masuk tingkat terakhir yang menggunakan script.

Setelah setiap murid mendapatkan satu paket modul berisi tekstur dan petunjuk pembuatan tata surya, mereka melakukan teleport ke sandbox yang sesuai dengan tingkat masing-masing untuk menyelesaikan tugas.

Tugasnya sederhana tapi menarik. Mereka diminta untuk membuat bola, yang kemudian diberi tekstur sesuai dengan 8 planet yang ada di dalam tata surya kita. Mereka pun diberi link yang memberikan petunjuk ukuran tiap-tiap planet sehingga mereka bisa mengetahui perbandingan ukuran tiap planet. Jadi, mereka harus membuat planet yang perbandingan ukurannya semirip mungkin.

Mereka kemudian diminta untuk mencari keterangan (dalam bahasa Inggris) untuk setiap planet, menjadikannya notecard. Kemudian mereka harus memasukkan notecard tersebut ke dalam planet yang diberi “notecard giver” script supaya setiap planet ketika di-klik dapat memberikan informasi tentang planet tersebut.

Terakhir, planet-planet itu diberi “orbit” script yang membuat tiap planet bergerak sesuai orbitnya mengelilingi matahari. Penggunaan script ini tricky tapiย  mengasyikkan. Yudhis yang tadinya sempat anti script jadi sangat bersemangat memodifikasi angka script dan membuat planetnya benar-benar menjadi hidup seperti tata surya sungguhan.

Yudhis sangat menikmati proses ini. Dia tak ingin dibantu. Jadi aku hanya menemaninya saja sambil sekali-sekali memberi masukkan kecil.

Terima kasih mbak Ines atas waktunya & kesempatan yang diberikan. Semoga ada modul-modul lain seperti ini yang bisa diikuti oleh Yudhis, karena belajar benar-benar menjadi sangat menyenangkan ๐Ÿ™‚

Video:

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. dian widya says:

    Selamat pagi mba Lala,
    Kelas membuat tata surya bisa diikuti dimana ya? Apakah masih ada lagi?
    Bila tidak ada, bagaimana script cara membuat planet2 tersebut sampai bisa menjadi video yg keren ini?
    Anak sy suka sekali dengan tata surya..
    Mohon sharingnya mba ๐Ÿ˜€
    Trimakasih banyak..

Tinggalkan komentar Anda

*

Close