Memberi Hadiah pada Diri Sendiri

Hari Sabtu (14/9), Tata berulang tahun yang ke-9. Dan dia memberikan hadiah kepada dirinya sendiri yaitu menyelesaikan proses belajar matematika K-4 di IXL sehingga naik ke kelas 5.

Tata-IXL-100-K4
Proses ini berlangsung tanpa sengaja. Sekitar sebulan yang lalu, Tata sudah menyelesaikan 90% dari program belajar matematikanya. Pada waktu itu aku “menantangnya”.

“Tata, berarti nanti waktu ulang tahun kamu bisa naik kelas 5 donk?”

“O iya ya pak,” kata Tata seperti mendapat ide.

“Kamu mau memberi hadiah pada dirimu sendiri?” tanyaku.

“Caranya bagaimana?” Tata bertanya balik.

“Caranya, kamu menyelesaikan matematikamu saat ulang tahun. Jadi, pada waktu ulang tahun nanti kamu sudah naik ke kelas 5.”

“Boleh!” Tata mengangguk dan bersepakat. Sejak itu, Tata memastikan bahwa proses belajar matematikanya seperti yang ditargetkan. Dan tepat satu hari menjelang ulang tahun, Tata berhasil menyelesaikan satu skills (paket soal) terakhir K-4.

***

Dari pengalaman Tata ini, ternyata proses belajar matematika untuk kelas 4 itu belum terlalu berat. Tata menyelesaikan matematika kelas 3 pada bulan April 2013. Melalui ketekunan dan proses belajar selangkah demi selangkah, materi matematika 1 tahun itu ternyata bisa diselesaikan dalam waktu 5 bulan (April-September). Itupun diselingi hari-hari libur lebaran.

Proses belajarnya sendiri menurut kami juga tidak terlalu berat. Tak ada les, tak ada jam belajar extra, apalagi pukulan. Aku tak mengajarinya seperti guru di depan kelas. Sebagian proses belajar dilakukan Tata sendiri. Hanya sesekali dia bertanya kepadaku.  Sesekali juga aku menemani dan menjelaskan konsep kepadanya.

Setiap hari Tata menyelesaikan 2 skills, satu set soal di pagi hari dan sore hari. Tergantung tingkat kesulitan, proses menyelesaikan satu set soal itu bisa memakan waktu 15 menit-1 jam. Prosesnya juga tak selalu mulus, terkadang ada hari di mana Tata hanya mengerjakan satu set soal atau malah tidak sama sekali (misalnya pada waktu ada kegiatan bersama teman-temannya).

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close