Membangun Pohon Keluarga (Family Tree) dengan My Heritage

Idul Fitri atau Lebaran adalah kesempatan silaturahmi dan bertemu keluarga besar. Momen yang terjadi setahun sekali ini bisa menjadi pembelajaran besar buat anak-anak untuk mengenal keluarganya, sebuah tradisi yang semakin lama semakin luntur di kalangan anak muda.

Kami pun mengalami masalah tentang pengenalan nama dan hubungan kekeluargaan di dalam keluarga besar. Saat Ibu bercerita tentang alur keluarga besar, kami kesulitan untuk mengingatnya.

Lalu, muncullah ide dari Lala menggunakan aplikasi untuk membuat pohon keluarga. Proses pencarian aplikasi dilakukan hingga akhirnya menemukan yang kelihatannya cocok dan disukai.

Lebaran tahun ini, kami membuat proyek “Membuat Pohon Keluarga” yang dilakukan oleh Yudhis. Selama kegiatan bertemu keluarga, rencananya Yudhis akan mulai mendata serta menelusuri nama dan hubungan keluarga. Proyek ini mungkin tidak selesai saat Lebaran ini. Dalam momen-momen keluarga lain, misalnya perkawinan, proyek ini bisa semakin dilengkapi.

(c) freepik.com

(c) freepik.com

 

Tool membuat Pohon Keluarga (Family Tree)

Tools yang kami gunakan adalah: My Heritage

Aplikasi untuk membuat pohon keluarga ini bisa digunakan di desktop dan smartphone, baik Android maupun iOS. Aplikasi bisa diunduh di:

 

***

Mengapa aplikasi MyHeritage?

Berikut ini alasan kami memilih aplikasi MyHeritage untuk membuat pohon keluarga ini:

  • Keren! 🙂
  • Gratis sampai 2500 orang. Hasilnya bisa di-share ke orang lain, tapi tidak bisa kolaborasi mengisi. Kalau mau kolaborasi mengisi data harus upgrade ke akun premium.
  • Data lengkap (bisa diisi sesuai keinginan kita), misalnya: foto, video, rekaman suara, tanggal lahir, pendidikan, tempat tinggal, pekerjaan, dan sebagainya.
  • Hasilnya bisa di-export dalam bentuk PDF sehingga bisa dicetak.

Tips:

  • Mulai dari keluarga kita (suami, isteri, anak-anak), kemudian meluas ke samping (saudara kandung), kemudian ke atas (Bapak, Ibu, om, tante, sepupu, dst)
  • Bangun pohon keluarga dulu. Masukkan nama dan hubungan persaudaraan. Kalau nama lengkap tidak ingat, masukkan nama panggilan. Nanti kalau pas ketemu, baru ditanyakan nama lengkap dan fotonya (MyHeritage mempunyai fitur search & edit)

***

Selamat Idul Fitri, teman-teman.

Mohon maaf lahir batin atas semua kesalahan dan kekurangan kami selama proses melayani Anda dan interaksi di antara kita.

Selamat membangun pohon keluarga dan menjalin silaturahmi bersama keluarga.

 

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Ferry Malacca says:

    Tak lupa kami juga mengucapkan selamat lebaran menjalan Idul Fitri 1437 H kepada Pak Aar & Mbak Lala serta semua yang ada dalam rumahinspirasi. Semoga pada bulan baik ini kita semua mendapatkan banyak berkahNya, diberi kesehatan dan rejeki yang berlimpah. Amin

  2. Baru tahu disini kalau ada app Silsilah Keluarga, info yang bermanfaat dan menarik, terima kasih

  3. Terimakasih…selamet lebaran jg…mohon maaf lahir n bathin….

  4. Wah toss! Sejak th kemarin berkutat menyusun silsilah 😀

  5. Terimakasih informasi aplikasinya, Om.
    Saya sudah dua tahun belakangan ini mencoba buat family tree tapi susah banget. Mudah2an dengan aplikasi ini bisa cepat selesai. ^^

  6. Wah aplikasinya bagus sekali. Saya juga ingin mendownload spya bisa digunakan untuk membuat silsilah keluarga besar saya.

  7. Supriyanto AS says:

    Terima kasih informasi aplikasinya Pak.

    Sy sudah download dan sudah coba aplikasi ini, namun program ini berbayar ya pak (Go Premium).
    Dan sy juga sudah download aplikasi silsilah keluara yg lain yaitu Geni.
    Cara mengoperasikan dan bentuk tampilannya hampir sama. Untuk Geni ada bantuan untuk mengedit atas (org tua), bawah (anak), kiri (saudara kandung) dan kanan (pasangan hidup). Namun program ini juga berbayar (pro – coba gratis dg limit hari).

    Mungkin ada aplikasi lain yg sejenis tetapi yg gratis (maklum ga ada dananya he..he..).

    Terima kasih atas bantuan dan informasinya

    Supriyanto AS

    • Rahmat Akbar says:

      Saya baru saja coba mas, berbayar sebagai pengguna Premium hanya untuk opsi untuk menikmati fasilitas yang lebih, salah satunya mencari DNA, Mencetak Poster, adapun dengan mode free, semua hal mengenai pohon keluarga di MyHeritage menurut saya yang paling bagus mas, karena free version tidak ada limit hari, dan tetap bisa digunakan dengan baik, bahkan saat saya install juga di Smartphone saya, juga bisa sync dengan yg di dekstop karena kita juga sync via website yang terbentuk khusus kita, sehingga via aplikasinya saya juga bisa melihat notifikasi Hari ulang tahun anggota keluarga.

      Di antara semua aplikasi Family Tree menurut saya MyHeritage Paling bagus, selain free juga bisa diakses dimanapun

      Rahmat Akbar

      • Terima kasih mas Rahmat atas informasi tambahannya 🙂

        • Rahmat Akbar says:

          Tambahan pak, saya ternyata juga bisa mencetak charts pohon keluarga saya melalui website dengan varian template yang bisa kita atur sendiri, dan itu gratis hehehehe… kalau saya mau order Poster baru pihak MyHeritage akan mencetak poster sesuai yang user mau dengan harga yg udah di tetapkan dan itu sepertinya kalau kita order, langsung dikirim dari luar negeri, jadi dengan free pun ternyata semua tools tetap bisa kita pakai, dan terima kasih Pak Aar atas artikelnya, kalau saya gak baca artikel bapak saya gak tau kalau ada aplikasi all in one sync dengan site seperti MyHeritage ini hehehhe

  8. Info yang sangat bermanfaat. makasih sobat

  9. Apakah aplikasi yang premium ini bisa sampai 7 generasi?
    Mohon infonya kalau ada aplikasi lain?

Tinggalkan komentar Anda

*

Close