Membangun Jejaring Komunitas Pendidikan di Pesta Pendidikan

Minggu, 29 Mei 2016, menjadi puncak acara Pesta Pendidikan yang digelar sepanjang bulan Mei 2016. Puluhan komunitas pendidikan mengikuti aneka kegiatan yang dipusatkan di halaman Kemdikbud dan Mall Fx Sudirman.

Pekan-01

Gallery Walk, Talkshow dan Pentas

Pekan-02
Aneka kegiatan diselenggarakan oleh komunitas-komunitas pendidikan selama bulan Mei 2016. Beberapa kegiatan yang sempat aku hadiri antara lain: peluncuran Pesta Pendidikan di Monas, Melukis Mural Bersama, Seminar Pendidikan Adat dalam Sistem Pendidikan Nasional, dan Dialog Nasional Pendidikan Alternatif.

Sementara itu, pada acara penutupan diselenggarakan Festival Publik bertema “Semua Murid Semua Guru”. Mengutip pesan Mendikbud Anies Baswedan,”Tema Pesta Pendidikan ‘Semua Murid Semua Guru’ memperluas makna pendidikan yang tak dibatasi hanya oleh sekolah. Karena semua orang adalah murid yang terus belajar. Pada saat bersamaan, semua orang bisa menjadi dan adalah guru bagi orang lain.”

Festival publik diselenggarakan pukul 05.45-18.00. Aneka kegiatan dilakukan oleh para anggota komunitas pendidikan, antara lain: Gallery Walk, Talkshow, Workshop, dan pentas.

Selain berkarya untuk masyarakat, para pegiat komunitas pendidikan juga berjejaring dan bersinergi dengan komunitas lain. Menurutku, proses berjejaring ini sangat berharga. Dalam konteks pendidikan alternatif, interaksi yang terjadi selama bulan Mei ini akan ditindaklanjuti dengan rencana Kongres Pendidikan Alternatif yang akan diselenggarakan bulan Oktober di Yogyakarta.

Klub Oase & Rumah Inspirasi di Pesta Pendidikan

Pekan-03

Sebagai bagian dari komunitas yang bergerak di sektor pendidikan, Rumah Inspirasi dan Klub Oase ikut terlibat dalam Pesta Pendidikan. Rumah Inspirasi dan Klub Oase terlibat dalam kegiatan melukis Mural Bersama, menyelenggarakan Bincang Seru Homeschooling, serta menjadi peserta Gallery Walk di acara penutupan.

Secara umum, kegiatan Rumah Inspirasi berkaitan dengan edukasi tentang pendidikan berbasis rumah atau Homeschooling yang dalam Sistem Pendidikan Nasional masuk ke dalam jalur pendidikan informal. Masyarakat diedukasi bahwa ada banyak alternatif pendidikan dan bagaimana proses menjalani homeschooling di dalam sebuah keluarga.

Pada 22 Mei 2016, Rumah Inspirasi dan Klub Oase menyelenggarakan Bincang Seru Homeschooling di Graha Utama Kemdikbud. Ada 12 pembicara & 20 fasilitator yang semuanya praktisi homeschooling berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada para orang tua yang sedang menimbang Homeschooling. Acara ini diikuti lebih dari 200 peserta dan melibatkan beberapa komunitas Homeschooling di Jabodetabek.

Tentang Pesta Pendidikan

Pesta Pendidikan adalah inisiatif masyarakat untuk mengadakan kegiatan bersama selama bulan Mei. Kegiatan yang diinisiasi oleh Najeela Shihab ini melibatkan lebih dari 100 komunitas dan organisasi. Pesta Pendidikan diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin tahunan yang melibatkan semakin banyak partisipasi masyarakat dan komunitas pendidikan di berbagai kota di Indonesia.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*