Membandingkan huruf dan kata

Membandingkan HurufLembar kerja ini merupakan bagian dari latihan untuk anak-anak guna mengasah ketrampilan menggunakan kamus/ensiklopedia. Gagasan dasarnya adalah melatih anak agar memahami urutan huruf, baik yang berdiri sendiri maupun dalam bentuk kata sehingga mereka bisa mencari kata tertentu di dalam kamus/ensiklopedia dengan efisien.

Sebelum masuk pada tahap ini, anak harus sudah terampil dan mengetahui urutan huruf. Latihan mengetahui urutan huruf adalah mengisi huruf yang kosong.

Petunjuk membandingkan huruf dan kata:

  • Untuk perbandingan urutan huruf, urutan yang digunakan adalah urutan alfabet mulai A sampai Z. Huruf paling awal adalah A (A=1), huruf terakhir adalah Z(Z=26)
  • Untuk perbandingan urutan kata, bandingkan huruf pertama dari setiap kata (K1, K2, dan K3). Jika huruf pertama dari K1 lebih awal dibandingkan K2 dan K3, maka K1 adalah kata yang paling awal. Jika huruf pertama pada K2 lebih awal dibandingkan K1 dan K3, maka K2 merupakan kata paling awal. Jika huruf pertama pada K3 lebih awal daripada K1 dan K2, maka K3 merupakan kata paling awal.
    Contoh: BAU, ABU, UBA. Huruf pertama ketiga kata itu adalah B (pada K1=BAU), A (pada K2=ABU), dan U (pada K3=UBA). Dengan membandingkan huruf pertama pada setiap kata, maka urutannya adalah A (K2) < B (K1) < U (K3). Sehingga, urutan kata tersebut adalah ABU, BAU, UBA
  • Jika huruf pertama pada K1 dan K2 sama, maka bandingkanlah huruf kedua pada kata-kata tersebut. Kata yang memiliki huruf kedua lebih awal, maka kata tersebut lebih awal.
    Contoh: JERUK (K1), JARUM (K2), JUWITA (K3). Huruf pertama kedua kata tersebut sama. Maka perbandingan pada huruf kedua memberikan urutan A (K2) < E (K1) < U (K3); sehingga urutan kata tersebut adalah JARUM, JERUK, JUWITA
  • Jika huruf pertama dan kedua masih sama, lakukan perbandingan pada huruf ketiga. Contoh, JARI (K1) dan JAMU (K2), karena huruf pertama dan kedua sama (JA), maka yang dibandingkan adalah huruf ketiga yaitu R (K1) dan M (K2). Urutan kedua huruf itu adalah M (K2) < R (K1) sehingga urutan kata adalah JAMU, JARI. Demikian proses ini diulang jika ada huruf-huruf yang sama.
  • Jika jumlah huruf lebih sedikit, maka huruf selanjutnya dianggap bernilai nol sehingga berada dalam urutan paling awal. Contoh, JAM lebih awal dibandingkan JAMU.

 

Download Lembar Kerja:

* Membandingkan Huruf

* Membandingkan Kata

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close