Membaca satu buku per hari

Dalam homeschooling, kami berusaha menyederhanakan proses belajar dengan memilih beberapa kegiatan yang kami anggap penting, kemudian melaksanakannya secara konsisten.

Salah satunya adalah bahasa Inggris.

Yang kami lakukan sederhana. Setiap hari, Yudhis dan Tata membaca 1 buku. Materi yang kami gunakan adalah buku-buku Reading A to Z yang kami print dan jadikan buku kecil.

Setiap pagi, Yudhis dan Tata membacakan satu buku bersama artinya kepada Lala. Sementara Lala mendengarkan sambil melakukan aktivitas lain, misalnya memasak.

Sekarang, kami menggunakan media online dari Raz Kids untuk melakukan kegiatan yang sama. Anak-anak membaca dan merekam kegiatan bahasa Inggris, setiap pagi satu buku.

Semua buku itu kecil dan sederhana. Pada awalnya hanya satu kata per halaman. Satu buku isinya sekitar 8-10 halaman. Jadi sangat ringan, seperti camilan yang renyah dan enak dikunyah.


**

Kegiatan ini sangat sederhana. Satu kegiatan membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Tapi hasil jangka panjangnya luar biasa.

Hitungan sederhananya: satu buku per hari, 5 buku per minggu, 20 buku per bulan, 240 buku per tahun! Kegiatan sederhana itu ternyata membuat anak-anak bisa membaca 240 buku per tahun; tanpa terasa.

**

Dalam prakteknya, tak setiap hari kegiatan ini bisa kami lakukan. Ada saat kami pergi, anak-anak sakit, atau ada kegiatan/kesibukan.

Walaupun begitu, program ini telah memberikan hasil yang luar biasa buat kami. Tanpa terasa, Tata sekarang sudah level G, sementara Yudhis level M.

**

Lesson learned: mengerjakan hal kecil dengan tekun dan konsisten memberikan hasil yang luar biasa dalam jangka panjang. Kegiatan semacam ini dapat diterapkan di area-area lain.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*