Membaca Cerita untuk Anak

Tommy Tempo

Salah satu kenangan masa kecil yang ingin kami wariskan kepada anak-anak adalah kecintaan terhadap buku; yang diantaranya kami bangun dengan kebiasaan membacakan cerita atau bercerita bersama anak-anak.

Sampai saat ini proses membacakan cerita anak yang kami lakukan masih belum konsisten. Tapi kami berusaha untuk melakukannya sedapat mungkin. Biasanya hambatan yang terjadi adalah karena kami masih tetap bekerja hingga larut malam, sementara anak-anak sudah tidur.

Proses bercerita biasanya dilakukan Lala menjelang tidur malam. Bentuknya bervariasi. Terkadang menggunakan buku cerita, terkadang dalam bentuk mendongeng. Dan beberapa waktu terakhir ini, Lala menggunakan iPad untuk bercerita.

Terima kasih untuk perkembangan teknologi. Kegiatan membaca bersama anak ini sangat terbantu berkat teknologi digital, ebook, animasi, perekaman suara, dan iPad.

Buku cerita anak-anak yang ada di iPad kami ambil dari situs Pustakalaya. Di sini ada banyak sekali buku-buku klasik yang bisa didownload gratis. Diantara buku-buku itu, cerita kesukaan Duta adalah”Tommy Tempo in Tempo Race”, kisah tentang sebuah bajaj (tempo) bernama Tommy yang ingin ikut perlombaan balap bajaj. Dia selalu minta dibacakan buku itu terus, berulang-ulang, setiap malam.

Thomas and Toby

Beberapa malam ini, Lala menggunakan buku cerita seri “Thomas & Friends” berjudul “Thomas and Toby” yang dijual di iTunes seharga $0.99. Kami memilihnya karena Duta adalah penggemar film seri Thomas.

Buku cerita “Thomas and Toby” ini sebenarnya adalah aplikasi iPad, tapi dibuat dalam format buku. Bentuknya mirip buku, tetapi ditambahkan fungsi lain yang lebih kini, misalnya read-aloud (ada native speaker yang membacakan cerita), fasilitas merekam suara kita.

Berkat buku cerita “Thomas and Toby”, Duta makin semangat minta dibacakan buku dan membaca bersama. Dia paling suka mendengarkan cerita rekaman yang dibacakan Lala yang ada suaranya. :)

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Jadipengen banget beli ipad huhuhuhu… biar bisa crita in Thomas juga :)

Tinggalkan komentar Anda

*