Meluaskan kapasitas anak

Kemarin, anak-anak bangun pagi dan membuat semua aktivitas berjalan sangat cepat. Sampai jam 9 pagi, Yudhis sudah menyelesaikan 5 kegiatan dari 7 jadwal kegiatan yang biasa diselesaikannya setiap hari. Tata juga semangat hari ini.

Lalu, tiba-tiba Lala punya ide untuk Yudhis dan Tata.

“Ibu punya tantangan. Kalau hari ini bisa menyelesaikan 14 kegiatan, kamu boleh membeli game yang kamu pengin,” kata Lala kepada Yudhis.

Wah… Yudhis langsung melonjak kegirangan. Dia langsung menerima tantangan ibunya.

“Yudhis sudah lama pengin beli game, mas. Dia sudah tahu game apa yang pengin dibelinya. Bagaimana?” kata Lala kepadaku. Yudhis memandangku dengan was-was, khawatir kalau tawaran ibunya batal.

“Oke. Harga gamenya yang sekitar $3, ya?” jawabku sambil memberikan koridor. “Kamu mau beli game apa, Dhis?”

“Oke pak. Aku mau beli Lego Indiana Jones 2,”jawab Yudhis.

**

Jadilah kemarin Yudhis seharian sibuk melakukan kegiatan belajar, mulai Reading A to Z, memasak, bikin craft, menggambar di komputer, mengolah vide, dan sebagainya untuk mengejar 14 kegiatan. Dia tak tidur siang, bahkan lupa mandi sore, he..he..

Tata kemarin juga mendapat iming-iming yang sama, boleh membeli game di handphone. Syarat buat Tata adalah menyelesaikan materi yang dipelajarinya tentang “Ordinal number” sampai rekaman (sesuai permintaannya).

**

Setelah makan malam, akhirnya Yudhis dan Tata berhasil menyelesaikan targetnya. Malam, kami membeli game untuk anak-anak.Yudhis tak lagi menemukan game Lego yang diinginkannya. Jadi, dia akhirnya memilih game “Virtual Villagers”. Sementara Tata memilih game “Pocket Chef”.

Semua kegiatan itu baru usai pukul 21.30. Yudhis langsung memainkan game yang dipilihnya. Sementara menunggu gantian handphone yang dimainkan Yudhis, Tata tertidur di depan TV.

**

Kemarin adalah hari yang berat buat anak-anak, tapi juga sekaligus menyenangkan. Ini adalah kegiatan sesekali di mana kami menstretch (menarik) anak-anak pada beban yang lebih tinggi dari biasanya dan sekaligus memberikan reward langsung kepada mereka.

Dan karena hari kemarin sudah berat, hari ini kami melonggarkan kegiatan. Hari ini seperti liburan. Target 7 kegiatan dilonggarkan, mereka boleh istirahat dan main.

Enaknya homeschooling, kami bisa memilih libur (dan ujian) kapan pun sesuai kondisi.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*