Melampaui formalitas pendidikan

go to schoolKata asalnya adalah beyond. Terjemahannya melampaui. Istilah ini sering digunakan untuk menjangkau sesuatu yang melebihi yang fisik dan formal. Istilah yang mungkin bisa juga dipergunakan adalah “tak sekedar”.

Homeschooling mencoba melampaui formalitas; tak sekedar formalitas. Homeschooling mencoba melampaui hal-hal yang formal dan terlihat pada sekolah, misalnya ijazah, jenjang, raport, kenaikan kelas, seragam, buku pelajaran, guru, dan hal-hal lain yang sudah dianggap melekat dan menyatu dengan pendidikan.

Ketika berbicara mengenai melampaui, berarti kita berbicara mengenai yang esensi.

Dengan lebih memikirkan yang esensi daripada yang formalitas; biasanya kita bisa lebih fleksibel dan melihat banyak alternatif. Kita bisa berpegangan pada nilai (values) dan tujuan; bukan berpegangan pada cara.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*