Mau belajar membuat blog?

Senang melihat proses bertumbuh Lala dengan semangat belajarnya mengenai apa saja yang tak pernah berhenti. Semangat itu menular ke seisi rumah dan membuat anak-anak juga selalu bersemangat belajar apa saja yang baru.

Sebagaimana proses dan pertumbuhan blog Rumah Inspirasi yang baru berganti template. Semuanya tak terjadi tiba-tiba dan langsung menjadi seperti ini. Sebelum Lala membuat template WordPress sendiri dari scratch, banyak proses yang sudah dijalaninya.

**

Lima tahun yang lalu, semuanya berawal dari belajar membuat website menggunakan Microsoft Frontpage. Hasilnya adalah website statik yang susah sekali kalau mau di-update. Tapi, saat pertama kali bisa membuat situs buatan sendiri, rasanya bahagia sekali.

Kemudian, proses selanjutnya adalah perkenalan dengan CMS (Content Management System). Dari proses googling dan belajar dari ย buku mengenai CMS, akhirnya ketemu Joomla. Joomla adalah CMS terbaik pada saat itu dan mungkin masih salah satu CMS yang terbaik hingga saat ini.

Dari perkenalan dengan Joomla, kemudian mulailah Lala belajar mengeksplorasi cara membuat website dengan Joomla. Semuanya berjalan mandiri, otodidak. Alat ย bantu untuk belajar Joomla adalah forum Joomla, baik lokal maupun internasional. Juga, tentu saja belajar dari tutorial belajar Joomla. Modal utamanya adalah Google dan bertanya di forum. Selebihnya adalah kerja keras, mencoba dan mengeksplorasi.

Dari eksplorasi fungsi-fungsi Joomla, Lala kemudian belajar template Joomla. Diawali dengan menggunakan template Joomla gratis, template Joomla profesional (berbayar), Lala kemudian belajar memodifikasi template Joomla untuk menghasilkan template seperti yang dia inginkan.

Dalam proses modifikasi template Joomla, ada hal-hal baru yang harus dipelajari. Lala kemudian belajar dan memperdalam pengolahan grafis dengan Photoshop, belajar HTML, belajar CSS, dan lain-lain. Proses belajarnya sedikit demi sedikit, hingga lama-lama dia semakin mengenal template Joomla. Gara-gara modifikasi template Joomla, Lala sempat dapat hadiah karena memenangkan lomba modifikasi template yang diselenggarakan oleh salah satu pembuat template Joomla profesional.

Dari kemampuannya membuat situs dengan Joomla, Lala telah melahirkan beberapa situs seperti Sumardiono.com, sekolahrumah.com, dan Bentangilmu.com. Kemampuan ini juga mengundang beberapa klien yang minta dibuatkan website dengan Joomla.

So, belajar dan menguasai hal baru ternyata bisa mendatangkan penghasilan baru. Asyik, kan?

**

Beberapa tahun mengeksplorasi Joomla, Lala kemudian mulai belajar WordPress. Tak membutuhkan waktu lama, Lala kemudian jatuh cinta pada WordPress karena kesederhanaan sistemnya (tanpa mengurangi kehandalannya) dan kemudahannya untuk melakukan upgrade ke versi yang lebih tinggi. Apalagi, semakin banyak plugin dan template yang membuat WordPress tak hanya digunakan sebagai mesin untuk membuat blog, tetapi juga untuk membuat situs kompleks seperti Joomla.

Berbekal kemampuan Photoshop, HTML, dan CSS, Lala kemudian juga belajar mengeksplorasi template/theme WordPress. Dengan menggunakan WordPress template/theme gratis, Lala melakukan modifikasi-modifikasi pada template yang ada untuk mendapatkan layout dan tampilan sesuai keinginannya.

Menurutku, Lala sudah lumayan jago memodifikasi template dan membuat tampilan yang berbeda daripada template aslinya. Sudah banyak blog WordPress yang dihasilkannya dengan melakukan modifikasi dari template-template yang ada.

Tapi, modifikasi template WordPress gratis itu ada keterbatasannya. Ternyata, template gratis itu tak selalu aman. ย Banyak template gratis yang diselipi kode-kode yang berbahaya untuk situs dan pengunjung kita.

So, pilihannya adalah mencari template yang aman, menggunakan template profesional (berbayar) atau membuat template sendiri. Jadilah Lala kemudian belajar membuat template WordPress sendiri.

**

Dari proses belajar, berkarya, dan membuat blog/situs untuk klien, saat ini Lala ingin berbagi ilmu dan pengalamannya dengan Ibu-ibu yang ingin belajar membuat blog/template sendiri. Daripada harus membayar jutaan rupiah kepada orang lain untuk membuat blog yang bagus, lebih baik belajar dan bekerja keras untuk menguasai cara membuat blog sendiri. Bukan hanya biayanya lebih murah, tetapi kemampuan itu (jika dikuasai dengan baik) bisa menjadi sumber penghasilan baru.

Model belajarnya adalah kursus privat (one-on-one): membuat blog sesuai yang diinginkan. Proses belajarnya secara online menggunakan voice chat (Skype/YM). Lama pertemuan tergantung penguasaan basic, kecepatan belajar dan kompleksitas blog yang ingin dibuat. Peserta harus mempunyai komitmen mengerjakan “PR” dan belajar setidaknya 1 minggu sekali. Biaya dihitung per sesi pertemuan, sesuai kebutuhan.

Karena keterbatasan waktu Lala, kami sepakat untuk membatasi murid privat ini hanya untuk 5 orang. Dan saat ini sudah ada 2 yang mendaftar. Jadi, yang tersisa ada 3 tempat yang kosong.

Siapa berminat?

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Pak Aar, saya daftar, smg msh ada tempat..terimakasih banget … senang ada yg mau bagi2 ilmu.. ๐Ÿ™‚

  2. ah sepertinya saya telat ya pak…kalo ada gelombang ke II saya langsung daftar pertama ๐Ÿ™‚

  3. Mas Aar, saya mau ikutan online buat blog. Pesyaratannya apa plus harganya brp ya?

    Teima Kasih,
    Dinna

    • Yang sekarang sudah penuh mbak Dinna. Ada 2 jenis kelas, basic (membuat blog+sedikit modifikasi) dan advance (membuat template). Yg pertama syaratnya sarana belajar (internet+mic), yg kedua (sudah memiliki blog dg domain&hosting sendiri) ๐Ÿ™‚

  4. mas Aar, msh ada kursi kosong ga buat blajar?

  5. Mas Aar, saya fans berat rmh inspirasi, pgn ikutan kursus buat blognya tapi berapa biayanya mas?

    • Ada privat dan kelas mbak. Tapi saat ini sudah penuh semua. Mudah2an bulan depan ada lagi ya.. Terima kasih untuk apresiasinya.. ๐Ÿ™‚

  6. buk,,,webnya bagus bangetttt nget ngetttttttttt…..
    cara ngedesainyya gimana ya????

  7. blognya bagus bgt,,,

Trackbacks

  1. […] tidak menyangka kalau ternyata tawaranku membuka kursus membuat blog online beberapa hari yang lalu mendapat respon yang luar biasa […]

  2. […] Seiring selesainya pembuatan template blog Rumah Inspirasi, Lala mengutarakan keinginannya untuk berbagi/mengajar teman-temannya mengenai pembuatan blog dan template WordPress. Kemarin, keinginan itu dibuka di blog ini dan […]

Tinggalkan komentar Anda

*