Manfaat belajar dengan lapbooking

Belajar tematik menggunakan media lapbook memberikan banyak manfaat. Aku sendiri sebelumnya tak terbiasa dengan proses belajar dengan lapbooking ini. Dari proses belajar dan mengamati proses yang dilakukan Lala bersama Yudhis dan Tata, aku melihat bahwa proses ini memang sangat bagus buat anak-anak.

Beberapa manfaat dari penggunaan lapbook yang aku lihat antara lain:

  • Memecah kegiatan belajar menjadi aktivitas-aktivitas kecil membuat anak tetap bersemangat belajar dan tak merasa terbebani.
  • Anak membuat prestasi-prestasi kecil melalui kegiatan yang berlangsung hingga tuntas.
  • Anak dapat belajar sesuai kecepatannya masing-masing. Materi belajar tetap menghargai kreativitas dan keunikan setiap anak.
  • Dengan sebuah tema, anak belajar berbagai pelajaran dan mendapatkan stimulus yang beragam, misalnya bahasa, matematika, ilmu alam, ilmu sosial, ketrampilan, stimulus visual, kinestetik, dan sebagainya.
  • Keterkaitan antar-kegiatan di dalam sebuah tema besar membuat anak terbiasa membangun logika keterkaitan antara “pohon dan hutan”.
  • Ketrampilan membuat lapbook membiasakan anak untuk berorientasi pada hasil (output).
  • Kegiatan ini sangat sesuai untuk menjadi kegiatan bersama yang dilakukan orangtua dan anak sehingga menguatkan hubungan antara orangtua dan anak.
  • Lapbook adalah sarana pendokumentasian kegiatan belajar anak yang efektif dan bermanfaat untuk menelusuri rekam-jejak proses belajar, ajang-karya (show case) untuk pengawas pendidikan, keluarga, dan teman yang ingin melihat hasil dari proses belajar anak.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Novi Intan Kemala says:

    Masih kurang jelas nich, gmn saya bisa mendapatkan penjelasan lbh lanjut y

Tinggalkan komentar Anda

*