Lagu – Lingkaran

Ini aku Lingkaran

Aku percaya, lagu bisa menjadi alat belajar yang menyenangkan untuk anak-anak. Berbagai materi bisa dipelajari lebih mudah dan menyenangkan menggunakan lagu. Mungkin itulah alasan mengapa salah satu syarat untuk menjadi guru TK adalah bisa bernyanyi ^_^

Ada satu lagu anak-anak yang aku buat untuk mengajarkan konsep lingkaran. Lagunya sederhana dan pada bagian belakang dari lagu (contoh lingkaran) bisa diganti-ganti sesuai dengan benda-benda berbentuk lingkaran yang ada di rumah atau yang dikenali anak.

Lagu ini bisa juga menjadi lagu tanya-jawab antara orangtua dan anak. Jadi orangtua menyanyikan bagian depan dan anak-anak menyanyikan bagian belakang, menjawab bentuk-bentuk lingkaran yang mereka lihat di sekeliling mereka.

Lagu ini bisa diunduh di SINI

Ini Aku Lingkaran

Ini aku lingkaran
Lengkung bersambung-sambung
Tak bersudut tak bertepi tak bergerigi

Ayo carilah aku di benda sekitarmu
Lihat kiri lihat kanan bisakah kamu

Seperti uang logam atau CD atau roda
Seperti jam di dinding itulah lingkaran

Seperti matahari atau bulan atau donat
Seperti tutup toples itulah lingkaran

***

 

*Catatan: nyanyikan lagu ini dalam suasana gembira. Karena lingkaran adalah bangun 2 dimensi, maka biarkan anak menyebutkan benda-benda yang menurut persepsinya seperti lingkaran. Sebagai contoh, bulan seharusnya adalah bundar/bola (3D). Tapi karena bulan terlihat di langit seperti lingkaran, tak apa menyebut bulan sebagai lingkaran. Seiring perkembangan anak dan ketika mereka sudah memahami konsep 2D dan 3D, pemahaman itu nanti bisa diperbaiki.

Biarkan anak mengeluarkan apa yang ada di dalam benaknya. Selamilah pemikiran mereka yang sederhana dan bernyanyilah bersama mereka dengan gembira.

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Mbak Lala….anak2ku suka banget loh, langsung ngikutin aja nih ^^, Thanks banget yah, sangat2 membantu, buatku jg, maklum kurang kreatif nih klo urusan bernyanyi. Ditunggu lagu2 lainnya…..

  2. bunda kembang says:

    mbak lala…, salam kenal. saya bunda kembang dengan anak yang kebetulan seusia anak2 mbak lala, jumlahnya juga sama, begitu juga usianya πŸ™‚
    bersyukur sekali saya bertemu dgn rumah inspirasi, khusus untuk lagu ini menambah koleksi belajar buat anak saya… sebab selama ini suka ngarang sendiri…he..he… terima kasih yah….

  3. gita lovusa says:

    lagunya lucuuuuuu, semangaaatt, dan ceriaaaa…
    sukaaaaa ^_^

  4. Ibu Lala, lagunya lucu dan enak di dengar. Anak saya suka sekali dengan lagu ini dan dia bisa belajar bhs Indonesia melalui lagu2 anak di web ini. Thanks for creating and uploading these songs.

Trackbacks

Tinggalkan komentar Anda

*

Close