Lagu Anak GRATIS

Aku memang suka menggunakan musik untuk mengajari anak-anak. Kami biasa bernyanyi bersahut-sahutan di dapur, di ruang keluarga, di kamar, di jalan, di mana saja. Jangan bayangkan bernyanyi “serius”, karena lebih tepatnya melagukan apa yang dikatakan. Nadanya tentu sangat sederhana sehingga bisa diikuti oleh anak-anak.

Dari pengalaman mengajar & berkomunikasi kepada anak melalui nada ini, aku merasakan banyak sekali manfaatnya. Terutama ketika sedang “memberi tahu sesuatu”, jika dilakukan dengan bernyanyi anak biasanya tidak menjadi defensif apalagi ngeles. Mungkin suasana santai yang terbangun dalam nada ini membuat mereka bisa menyampaikan apa yang di hati dengan lebih terbuka.

Aku percaya bahwa membangun suasana itu penting dalam proses belajar bersama anak. Dan salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk itu adalah melalui lagu. Berawal dari keprihatinan dengan banyaknya anak-anak yang menyanyikan lagu bertema dewasa aku akhirnya memilih membuat sendiri lagu yang ramah anak.

Sebagian lagu ini mungkin bukan untuk anak prasekolah (pilihan kalimat atau nada yang agak rumit), tapi aku memang sengaja. Karena dari pengalamanku, anak-anak itu suka meniru. Mereka suka yang “berbau dewasa” atau yang dilakukan orang tua. Makanya mereka suka menyanyikan lagu dewasa. Dan ternyata sesusah apapun lagu orang dewasa itu mereka tetap bisa menyanyikan.

Untuk itu aku membuat lagu dengan rentang cukup lebar, dari mulai yang sangaaat sederhana seperti Lagu Berhitung 1-5 sampai yang agak sedikit susah seperti Brownies atau Kala Langit Bersinar.

Berikut daftar lagu anak buatanku yang bisa diunduh secara gratis. Mohon gunakan untuk keperluan personal. Jika hendak digunakan untuk keperluan komersil atau ingin dibuatkan lagu secara khusus silakan kirim email ke lala(at)rumahinspirasi(dot)com.

Silakan pilih, silakan unduh, mari kita bernyanyi bersama anak-anak:

Belajar Membaca.
Lagu yang sangat mudah untuk mengajarkan membaca pada anak usia dini. Dilengkapi dengan flashcard yang bisa diunduh gratis untuk memudahkan prosesnya.

Belajar di Mana Saja
Mari kita ajak anak untuk memahami bahwa kita bisa belajar di mana saja, di mobil yang berjalan, di supermarket luas, di kebun binatang dan lainnya.

Mana Tanganmu
Lagu ini biasa kujadikan alat untuk memberi contoh bagaimana aku membangun suasana bernyanyi bersahutan dengan anak. Bagaimana melantunkan percakapan, dan membuat anak mau membuka mulutnya untuk ikut bernyanyi.

Pagi yang Indah
Salah satu lagu kesukaanku untuk membuat suasana pagi menjadi ceria. Di rumah, anak-anak kalau mendengar lagu ini langsung bergoyang & ikut bernyanyi bersama. Sangat menyenangkan.

Kembalikan
Ayo kita ajak anak-anak membereskan mainannya dengan cara yang menyenangkan. Tidak perlu pakai marah atau ngomel-ngomel, sambil nyanyi sambil mencontohkan dan anak biasanya akan langsung mengikuti sambil tertawa-tawa.

Pantang Menyerah
Menanamkan semangat pantang menyerah bisa dilakukan melalui lagu ini. Bila sejak kecil anak diajak untuk bersemangat dan berfikir positif dalam menghadapi tantangan di hadapannya dengan cara yang menyenangkan, aku percaya mereka akan tumbuh menjadi anak-anak yang mencintai pekerjaannya.

Lingkaran
Aku sering juga bernyanyi untuk mengajarkan aneka materi buat anak-anak. Sebagian besar tentu saja tidak tercatat karena muncul begitu saja saat mengajarkan mereka. Ini adalah salah satu yang tercatat (dan terekam), lagu sederhana untuk mengajarkan lingkaran kepada anak usia dini.

Ayo Kita Mandi
Ini juga salah satu contoh bagaimana memasukkan percakapan dalam lagu. Lagu ini hanya sekedar contoh untuk membantu teman-teman membayangkan bagaimana proses menyanyikan satu untaian kalimat dalam nada. Kadang dengan nada yang sama aku bisa menggunakan untuk berbagai aktivitas yang lain. Yang penting suasana menyenangkan terbangun bersama anak.

Awan
Kalau ini contoh bagaimana pelajaran pengetahuan alam pun bisa disampaikan lewat lagu. Aku percaya, konsep mengajar dengan bernyanyi ini bisa diterapkan untuk segala usia. Lagu ini menjadi salah satu contoh mengajar konsep terbentuknya Awan melalui lagu.

Selamat Pagi
Lagu ini menjadi lagu pertama dalam Tantangan 30 Hari 30 Lagu Anak yang diajukan mas Aar kepadaku bulan lalu. Mas Aar merasa kebiasaanku mengajar melalui lagu harus dibagi ke banyak orang supaya semakin banyak anak Indonesia yang menikmati proses belajar dengan suasana menyenangkan.

Berhitung 1-5
Belajar berhitung bisa dilakukan sambil bernyanyi. Kenapa tidak? Lagu berikut hanyalah salah satu contohnya. Silakan modifikasi lirik sesuai dengan materi yang ada di sekitar Anda yang bisa Anda gunakan untuk mengajarkan anak berhitung.

Warna Kesukaanku
Lirik lagu ini dikirim oleh mbak Mimi. Lagu ini bercerita tentang mengapa “aku suka warna-warna tertentu”. Bagaimana dengan warna kesukaanmu?

Sepeda Kupu-kupu
Cara yang menyenangkan untuk mengajarkan kepada anak bahwa kita tidak harus selalu membeli barang baru, kita bisa melakukan modifikasi dari barang yang kita punya. Liriknya terinspirasi dari teks yang dikirim oleh mbak Gita.

Semoga Berkah Hidupmu
Lagu cinta untuk Tata yang sedang berulang tahun. Walau lagu ini lagu personal tapi sangat bisa digunakan untuk siapa saja yang ingin memberikan hadiah lagu kepada anak tercinta 🙂

Kereta Api
Kereta Api adalah tema yang paling disukai oleh anak laki-lakiku. Dan banyak juga teman-teman yang request untuk dibuatkan lagu bertema kereta api. Jadilah lagu “Kereta Api” yang menceritakan asiknya berjalan-jalan dengan Kereta Api.

Hujan
Aku suka dengan lirik kiriman mbak Mimi tentang “Hujan” ini. Sangat pas dengan kondisi kemarau yang terlalu lama saat lagu diciptakan.

Tempat Sampah
Lagu ini bisa dipakai untuk mengajak anak memilah sampah organik dan anorganik. Sebuah lirik yang bagus kiriman dari mbak Anna.

Lagu Cinta untuk Ibu
Lirik lagu ini dikirim oleh mbak Devi. Menjadi lagu cinta dari anak untuk ibunda tercinta.

Buah Eksotis
Cara yang sangat menyenangkan untuk mengajarkan anak buah eksotis yang hanya ada di negara tropis. Terima kasih mbak Wiwiet untuk kiriman liriknya 🙂

Sikat Gigi
Ayo kita ajak anak untuk rajin sikat gigi melalui lagu. Semoga dengan keceriaan yang ada dalam lagu ini, anak-anak menjadi lebih mudah diajak membersihkan giginya

Aku Anak Mandiri
Kemandirian juga bisa diajarkan melalui lagu. Lagu ini terinspirasi dari kiriman lirik dari mbak Yati.

Sirkus
Lagu gembira tentang suasana menyenangkan dalam sirkus. Sebuah kiriman lirik dari mbak Alzena 🙂

Bermain Bola
Lagu menyenangkan tentang “Bola” dan senangnya bermain bola. Lirik melodis kiriman dari mbak Amel.

Negeriku Indah
Salah satu lagu yang akhirnya menjadi kesukaanku secara pribadi. Bercerita tentang Indonesia yang kucinta. Kiriman lirik dari mbak Pipit.

Ayah
Lagu persembahan untuk ayah yang sedang berulang tahun. Walau ini lagu personal hadiahku untuk ayahku, tapi ini juga bisa dijadikan lagu hadiah untuk setiap ayah yang sedang berulang tahun.

Kebunku
Lagu dengan lirik menarik kiriman mbak Ira. Bercerita tentang banyak hal menarik yang ada di kebun yang harus kita rawat bersama.

Brownies
Lagu ini dibuat dari resep Brownies yang dikirim mbak Mella dalam rangka acara bikin cupcake di Klub Oase. Jadi asik sekali, ngajar anak-anak bikin brownies sambil nyanyi. Ternyata, walau lagunya “panjang & agak susah” anak-anak tidak terlalu sulit mengikutinya. Memang anak kecil itu spons yang luar biasa.

Suatu Hari Aku Bisa
Lagu hari ini tentang seorang anak yang sedih karena tidak juara padahal sudah berusaha keras dan berdoa. Lagu yang terinspirasi dari lirik yang dikirim oleh mbak Amel ini bagus untuk mengajarkan anak bahwa tidak apa tak juara yang penting sudah berusaha dan jika bersungguh-sungguh suatu hari akan bisa.

Adik Kecil
Lagu menggemaskan kiriman mbak Chika. Tentang adik kecil dengan jari mungil dan badan kecil yang lucu.

Bikin Kue
Lagu ini aku dedikasikan untuk anak-anakku yang suka sekali bikin kue. Tidak menyerah walau kadang gagal tapi lama-lama bisa.

Matahari
Lagu hari ini dapat menjadi alat bantu mengajarkan anak menghargai perbedaan yang ada di masyarakat, bahwa sebaiknya kita selalu baik kepada semua orang dan tidak pilih kasih laksana Matahari yang tidak memilih kepada siapa akan dibagikan sinarnya.

Lentera
Lagu yang terinspirasi dari lirik yang dikirim oleh Ummu Ammar. Tentang seorang anak yang ingin jadi lentera yang bercaha tak hanya bagi ayah bunda, tapi juga untuk sesama.

Kala Langit Bersinar
Yang paling aku suka adalah jika aku berhasil bangun lebih pagi dari matahari dan bisa menyambut sinar pertama di hari itu. Dan aku ingin sekali anak-anakku juga merasakan hal itu dalam hidupnya.

Jangan Ragu
Lagu ini aku persembahkan untuk anak-anak Indonesia agar selalu semangat dan tidak mudah menyerah. Banyak hal besar yang bisa diraih bila kita selalu bersemangat, tidak ragu & pantang menyerah. Sedih rasanya kalau melihat generasi muda yang bingung mau jadi apa, bingung mau melakukan apa, tak pasti apa yang bisa dilakukan untuk masa depannya.

Bumi Kembali Bahagia
Lagu cinta untuk bumi kita yang sedang kesakitan karena ulah manusia. Semoga anak-anak kita kelak bisa menjadi manusia yang mencintai bumi ini.

Bentang Ilmu
Sebuah lagu yang mengajarkan anak bahwa dengan kesungguhan meminta kepada-Nya dan berusaha, maka Dia akan membuka jalan bagi turunnya ilmu yang datang langsung dari-Nya.

Seceria Pagi
Mari kita sambut pagi dengan ceria dan penuh harap

Teman-temanku
Lagu ceria untuk mengajarkan anak bahwa ada beragam suku bangsa di Indonesia. Ada Aceh, Padang, Jawa, Bali, Sunda, Bugis, Dayak, Betawi, Ambon, Asmat, Batak, Bentong, Berau, Bangka, Danai, Damal, Dairi, Bima, Buton, Buru, Batin, dan masih ada banyak lagi.

Ayah Ibu Ku Cinta Padamu
Menjadi lagu penutup dari rangkaian lagu anak yang aku buat untuk memenuhi Tantangan 30 Hari 30 Lagu Anak yang diberikan oleh mas Aar. Tentu saja ini bukan menjadi lagu terakhirku untuk anak-anak Indonesia

Semoga anak-anak kita tumbuh menjadi generasi penuh cinta yang suka bersenandung dan menghangatkan hati dengan lagu.

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Wah lagu-lagu anak-anak sekarang seperti barang langka, kasihan betul generasi sekarang, masih kecil tapi lagunya udah cinta-cintaan seperti orang dewasa, tulisan dan lagu-lagu yang anda share harus di sebarluaskan.

  2. postingannya sangat bermanfaat. lagu anak anak skarang ini sudah jarang.

  3. Sangat bermanfaat….terimakasih…sekarang ini sudah jarang banget anak-anak menyanyikan lgu anak-anak…

  4. Waaahhh tambah lagi kak lagunya cocok buat ajari murid d sekolah 🙂

  5. Uri Ningsih says:

    Suka banget sama artikel ini

Tinggalkan komentar Anda

*

Close