Kursus Online Membuat Blog

Seiring selesainya pembuatan template blog Rumah Inspirasi, Lala mengutarakan keinginannya untuk berbagi/mengajar teman-temannya mengenai pembuatan blog dan template WordPress. Kemarin, keinginan itu dibuka di blog ini dan melalui Facebook. Tak dinyana, ternyata tanggapannya mengejutkan.

Ternyata banyak Ibu-ibu yang ingin belajar membuat blog. Titik berangkatnya juga bermacam-macam. Ada yang belum pernah membuat blog. Ada juga yang sudah memiliki blog dan ingin memodifikasi template dari blog yang sudah dimilikinya. Di luar belajar membuat blog, muncul pula permintaan untuk belajar mengolah grafis/foto.

Wow… ternyata Ibu-ibu ini luar biasa sekali semangat belajarnya. Senang melihatnya. 🙂

***

Minat dan semangat itu adalah sebuah pertanda yang bagus. Semakin banyak Ibu-ibu yang bisa membuat blog, semakin besar potensi pemberdayaan keluarga yang dapat diharapkan.

Kami sudah merasakan manfaat ketrampilan ini dalam sisi personal/sosial maupun ekonomi. Dan kami berharap mudah-mudahan keluarga lain dapat merasakannya juga, bahkan kalau bisa lebih baik/besar daripada yang kami peroleh.

Blog sendiri memiliki banyak fungsi dan terserah kita mau difungsikan sebagai apa, sebagai katarsis psikologis, personal branding, menyimpan portofolio (pribadi, anak, keluarga), hingga bisnis.

Menguasai ilmu dan ketrampilan membuat blog adalah seperti memiliki “alat produksi”. Ini adalah ketrampilan yang powerful. Ketrampilan itu dapat digunakan untuk membuat blog-blog yang lain, baik untuk kepentingan non-komersial atau bisnis.

Dalam hitungan sederhana, untuk membuat satu blog/situs yang bagus setidaknya kita dibayar Rp. 5 juta. Atau, katakan kita dibayar Rp 500 ribu untuk membuat blog yang basic. Lumayan kan kalau diseriusi dan ditekuni?

Di luar itu, masih banyak peluang lagi yang bisa muncul dari memiliki blog dan ketrampilan membuat blog.

***

Dari sisi Lala, ini akan menjadi tantangan baru. Bukan hanya jadwalnya yang harus dikelola, tetapi juga proses belajarnya perlu dikelola supaya efektif dan sama-sama enak. Apalagi proses belajarnya secara online yang mungkin masih baru bagi banyak Ibu-ibu. Mungkin untuk tahap pertama ini pesertanya perlu dibatasi dulu.

Tentang proses belajar secara online ini, aku ingin memberikan catatan kecil buat Ibu-ibu yang baru pertama kali melakukannya. Proses belajar ini membutuhkan sambungan internet dan headset (yg ada mic-nya). Bagi yg belum punya headset, peralatan ini harus dibeli dulu. Ini bukan expense, tapi investment. Kalau sudah punya headset, pasti akan merasakan asyiknya Internet karena bisa telpon (VOIP) gratis ke seluruh dunia dan peluang pembelajaran/bisnis semakin luas.

***

Anyway, selamat belajar dan berproses bersama. Semoga kegiatan ini bisa menjadi katalisator untuk bertumbuh dan menjadi lebih baik dari keadaan yang sebelumnya. Amin.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. dwi wahyuni says:

    saya berminat untuk mengikuti kursus online ini. Berapa costnya? bisa kirim ke email saya pak. makasih

    • Untuk kepraktisan, aku hanya akan mengajarkan pembuatan blog menggunakan WordPress. Kelasnya akan dilaksanakan secara online. Modalnya komputer, internet dan headset

      Pilihan kelasnya adalah:
      1. Membuat Blog (untuk yang sama sekali belum pernah bikin blog)
      Terdiri dari 4 sesi, dari mulai pengenalan website, komponennya seperti hosting, domain, cpanel, engine (cms), pengenalan dashboard, posting, editing, belajar kateogri, tagging, permalink, mengganti template, menambah plugin serta membuat modifikasi sederhana dari template.
      Kelas baru dimulai kalau sudah ada minimal 3 orang maksimal 5 orang. Biaya: 200rb (4sesi). Pilihan waktu: siang (senin jam 2-3), malam (senin jam 9-10) -> atau jadwalnya bisa dibicarakan kalau bisa mengorganisir 1 kelas.

      2. Membuat template dari nol (untuk yang sudah pernah membuat blog menggunakan WordPress)
      Terdiri dari 12 sesi. Pelajaran mulai dari pengenalan html, css, struktur dasar template, membuat loop, navigasi, sidebar, content pages, widget, comment dll.
      Syarat: sudah punya website berbasis wordpress, memiliki domain serta hosting sendiri, bersedia belajar CSS & html
      Kelas baru dimulai kalau sudah ada minimal 3 orang maksimal 5 orang. Biaya: 200rb per4 sesi. Pilihan waktu: siang (kamis jam 2-3), malam (kamis jam 9-10) -> atau jadwalnya bisa dibicarakan kalau bisa mengorganisir 1 kelas.

      3. Privat
      Belajar sesuai kebutuhan dan pertanyaan. Membuat blog, modifikasi template, belajar grafis dll. Terserah.. serap saja sebanyak2nya.. hehehe..
      Waktu sesuai kesepakatan, biaya per sesi 100rb, minimal transfer 4 sesi.

Tinggalkan komentar Anda

*